Yuk Simak 5 Cara Merawat Motor Bebek yang Benar!

Tak bisa dipungkiri bahwa sepeda motor merupakan alat transportasi andalan kebanyakan orang di Indonesia. Selain lebih praktis dibandingkan mobil, kepemilikan kendaraan roda dua ini juga lebih terjangkau bagi semua kalangan masyarakat. Meski motor matic belakangan cukup populer, sebagian besar pengguna motor masih menjagokan motor tipe bebek untuk aktivitas mereka. Sudah tahu cara merawat motor bebek yang benar?

 

5 Cara Merawat Motor Tipe Bebek Agar Performa Tetap Tangguh

 

  1. Servis berkala

 

Untuk motor yang masih baru, biasanya anda akan mendapatkan layanan perawatan motor gratis sealam beberapa waktu. Manfaatkan servis berkala gratis ini, dan jadwalkan waktu perawatan motor secara menyeluruh mulai dari mesin, rem, oli, dan lain lain di stand stand motor terdekat. Disiplinlah dalam melakukan servis berkala setidaknya 2 hingga 3 bulan sekali, tanpa harus menunggu munculnya masalah masalah kerusakan pada motor.

 

  1. Periksa kondisi ban

 

Ban motor ibaratnya telapak kaki manusia yang bersifat vital, karena harus selalu berputar mengantarkan anda berkendara kemana saja. Agar kondisi ban motor bebek anda tetap awet, periksalah tekanan angin dan permukaan grip atau batikan ban secara rutin. Jika permukaan grip ban motor sudah halus, maka harus segera diganti dengan yang baru agar tidak beresiko meletus karena tidak kuat menahan tekanan.

 

  1. Panaskan motor setiap pagi

 

Merawat mesin motor agar tetap awet dan prima, tidak harus menunggu jadwal servis ke stand motor atau bengkel. Panaskan mesin motor selama beberapa menit setiap pagi hari, atau setidaknya sebelum digunakan. Cara ini dilakukan agar oli mesin melumasi semua bagian di dalam mesin motor, untuk meminimalisir gesekan gesekan kasar di dalam mesin ketika motor dikendarai.

 

  1. Ganti oli dan cek aki secara rutin

 

Pergantian oli biasanya sudah termasuk dalam jenis perawatan di program servis berkala. Usahakan anda mengganti oli motor secara rutin, agar tidak terjadi gesekan kasar yang mengakibatkan mesin motor cepat panas dan beresiko rusak. Waktu yang tepat untuk mengganti oli motor bebek adalah sekitar 2 hingga 3 bulan sekali. Selain oli, pengecekan kondisi aki pada motor juga sangat penting untuk menghindari gangguan kelistrikan.

 

  1. Merawat rem cakram

 

Satu lagi hal yang penting diperhatikan dalam merawat motor adalah memeriksa kondisi rem yang digunakan. Jika oli rem sudah kotor, kabelnya terkelupas, atau bahkan kampas remnya habis, hal ini dapat beresiko fatal karena rem tidak berfungsi dengan baik. Motor bebek umumnya menggunakan rem cakram di bagian depan, dan rem tremol untuk rem belakang. Jadi periksalah kelayakan rem motor secara rutin agar tidak terlambat menggantinya jika ada kerusakan.

 

Memiliki kendaraan bermotor berarti anda wajib memelihara dan merawatnya, agar kondisi mesin dan segala komponennya tetap prima. Komponen mesin pada motor bukanlah item permanen yang akan 100% awet sejak awal dibeli, sehingga pasti membutuhkan perawatan atau pergantian. Selain kelima hal tersebut, periksa juga komponen motor yang lain misalnya rantai, busi, dan kabel koil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *