6 Tips Wisata Ke Lombok Ala Backpacker Yang Wajib Coba

Pergi liburan ke Lombok identik dengan perjalanan mahal yang membutuhkan banyak biaya yang tak terduga. Tak jarang banyak yang menunda untuk mengintip keindahan Lombok karena harus menabung dahulu. Bagi kamu yang ingin merasakan keseruan dan manantang diri sendiri, kamu bisa mencoba liburan dengan cara backpakeran. Nah, sebelum kamu wisata ke Lombok ala backpacker yuk simak tipsnya dalam ulasan berikut.

Tips Liburan Dengan Backpackeran Ke Lombok

  1. Mengumpulkan Banyak Informasi

Sebelum kamu memutuskan untuk backpacker, ada baiknya kamu melakukan perencanaan yang matang salah satunya dengan mencari informasi yang dibutuhkan sebanyak banyaknya. Saat ini akses informasi begitu mudah untuk didapatkan, kamu bisa mencari melalui internet atau bertanya kepada teman yang sudah pernah melakukan perjalanan ke lombok. Sehingga kamu sudah mempunyai bayangan akan liburanmu.

Informasi yang harus kamu kumpulkan bisa seputar keberangkatan, akses menuju lokasi wisata hingga akomodasi yang lainnya. Informasi ini nantinya akan membantu kamu untuk menyusun perjalanan seperti apa yang akan kamu lakukan. Apabila kamu mengunakan pesawat, maka kamu harus siap berburu tiket promo. Jangan puas mendapat satu atau dua penawaran, tetap lakukan hunting yang maksimal sebelum wisata ke Lombok ya.

stocksnap.io
  1. Tentukan Pilihan!

Setelah kamu menemukan banyak informasi hal yang selanjutnya kamu lakukan adalah menentukan pilihan. Keindahan alam lombok begitu kaya dan berpergian dengan backpacker membutuhkan persiapan. Kamu sudah harus memutuskan lokasi apa saja yang ingin kamu datangi. Apakah kamu akan mengunjungi tempat wisata yang sudah populer atau tempat tempat yang masih belum dijelajah.

Tidak hanya soal tempat,kamu juga harus memutuskan bagaimana untuk sampai ke tempat wisata Indonesia di Lombok tersebut. Dari informasi yang kamu dapatkan juga kamu bisa menentukan akan berjalan kaki, sewa kendaraan atau dengan kendaraan mewah. Semua pilihan berada di tanganmu. Kamu harus memikirkan efisiensi dan prioritas dari rencana yang sudah kamu miliki. Menemukan penginapan, tempat makan juga harus kamu tentukan.

  1. Persiapan Matang

Ketika kamu sudah menentukan pilihan, untuk wisata ke Lombok kamu juga harus melakukan persiapan yang matang. Persiapan ini menyangkut barang atau kebutuhan selama kamu berlibur. Apalagi kamu akan berlibur dengan backpacker tentunya semua persiapan harus matang dan jangan sampai ada barang penting yang tertinggal. Meski demikian kamu tetap harus memperhatikan prioritas dari barang yang kamu pakai.

Sebaiknya kamu jangan membawa barang yang tidak terlalu perlu. Selain akan membuat carrier kamu penuh juga barangnya tidak akan digunakan. Alangkah baiknya kamu juga membawa barang yang bisa dipakai sampai habis selama kamu liburan. Sehingga ketika kamu akan pulang barang tersebut bisa langsung dibuang. Space yang kosong bisa digunakan untuk membawa oleh oleh atau barang yang lebih penting lainnya.

stocksnap.io
  1. Lakukan Kolaborasi

Untuk membuat perjalanan backpacker kamu semakin seru tidak ada salahnya kamu mengajak kolaborasi teman atau masyarakat di daerah tujuan kamu tepatnya Lombok. Akan sangat mudah apabila kamu memiliki kenalan yang merupakan orang asli Lombok. Keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika melakukan kolaborasi adalah mendapatkan informasi dengan Cuma Cuma dan tanpa mengunakan guide saat sedang wisata ke lombok.

Backpacker dengan seorang teman juga bisa membuat kamu hemat biaya. Bisa saja kamu patungan alat transportasi atau penginapan. Jika sendiripun, gunakan kemampuan komunikasi kamu secara maksimal. Apalagi masyarakat Lombok sangat ramah, kamu bisa meminta rekomendasi jalan yang lebih cepat misalnya. Banyak keuntungan yang kamu dapatkan jika lakukan hal ini.

Tidak jarang mereka bisa memberikan diskon atau harga terbaik untuk kendaraan. Jika beruntung bahkan kamu bisa tinggal berama dengan penduduk asli. Hanya saja keberuntungan tidak selalu terjadi jadi anggap saja melatih mental kamu. Beramah tamah dengan penduduk asli tidak akan ada ruginya, kamu juga nantinya akan diperlakukan sama seperti kamu memperlakukan mereka seperti membantu jalan atau hanya sekedar seulas senyum.

  1. Selalu Hati Hati

Ini adalah hal yang harus kamu perhatikan ketika berlibur ala backpacker. Memang barang yang kamu bawa tidak terlalu banyak, namun ada banyak dokumen penting yang harus selalu kamu jaga. Begitu juga dengan uang atau pembiayaan kamu. Ada baiknya untuk selalu mematuhi hal hal yang tidak boleh dilakukan ketika kamu sedang mengunjungi suatu tempat. Hal ini tentunya akan membuat liburan kamu tetap aman dan nyaman.

stocksnap.io
  1. Tekad dan Niat Yang Kuat

Selain selalu berhati hati, kamu juga harus mengumpulkan tekad dan niat sebelum wisata ke Lombok ala backpacker. Tidak mudah untuk menuju beberapa destinasi dan membutuhkan banyak perjuangan. Sehingga kamu harus pastikan fisik, hati dan pikiran kamu dalam kondisi siap. Jika terjadi masalah kamu bisa segera mencari solusi tanpa harus panik. Apabila memang belum yakin ada baiknya kamu tidak pergi sendirian.

Menjelajah keindahan pulau Lombok bukan tidak mungkin dilakukan dengan backpacker. Justru akan terkesan menantang dan seru, karena kamu tidak mengunakan jasa tour atau travel perjalanan. Kelebihannya kamu bisa menyusun sendiri tujuan hingga lama kamu akan berlibur yang tentu saja disesuaikan dengan kantong kamu. Pengalaman yang kamu dapatkan pasti tidak akan terlupakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *