Yuk Intip 8 Tips Merawat Sepeda Agar Tetap Awet

 

Beberapa waktu belakangan, sepeda kembali menjadi alat transportasi alternatif terbaik untuk melewati padatnya jalanan perkotaan. Aksi sekaligus tren ini dianggap sebagai langkah positif untuk mengurangi polusi udara, sekaligus mempertahankan kebugaran tubuh agar tidak mudah sakit. Bukan hanya dioperasikan semata, karena anda juga perlu mengetahui tips merawat sepeda agar tetap awet hingga bertahun tahun lamanya.

Tips Berikan Perawatan Pada Sepeda Kesayangan

  1. Memastikan Tekanan Ban Sesuai

Terdengar sepele, namun siapa sangka memastikan tekanan ban sesuai termasuk langkah perawatan sepeda yang tepat. Tekanan angin yang pas, dapat memberikan performa lebih optimal sekaligus mempertahankan sifat elastis dan bentuk dari ban itu sendiri. Pasalnya masih banyak yang merasa kurang peduli, apakah ban sepeda sudah pas ataukah harus ditambahkan kembali. Alhasil sepeda terasa kurang nyaman dikendarai dan bahkan membahayakan.

Mengisi ban dengan tekanan yang pas, membantunya agar tetap awet bahkan ketika disimpan dalam waktu cukup lama. Agar lebih maksimal, jangan lupa periksakan tekanan ban sekitar 2 hingga 3 minggu sekali secara berkala. Hal ini harus dilakukan sebelum berkendara maupun sudah jarang digunakan sekalipun, agar kualitas ban tetap terjaga dan dapat digunakan sewaktu waktu dibutuhkan.

Lalu berapakah tekanan ban yang pas untuk sepeda kesayangan ? Jika diperhatikan ternyata setiap sepeda memiliki jenis, berat, serta gaya berkendara yang berbeda. Dengan kata lain, tekanan setiap ban berbeda dan harus disesuaikan dengan kebutuhan. Dan uniknya, ban yang terlihat tipis justru membutuhkan tekanan angin lebih tinggi. Misalnya sepeda gunung membutuhkan 25 hingga 35 psi, sedangkan sepeda balap membutuhkan 80 hingga 130 psi.

  1. Membersihkan Drivertrain

Tips merawat sepeda lainnya, bisa dilakukan dengan rutin membersihkan drivertainnya. Sebab drivetrain yang kotor dapat mengikis beberapa bagian seperti chainrin, sprocket, hingga rantai sekalupun. Jika sudah demikian, maka umur ketiga komponen sepeda ini cukup pendek dari yang seharusnya. Berbeda halnya jika kebersihan drivertrain terjaga dan cukup terlubrikasi, maka performa serta tingkat ketahanannya jauh lebih baik.

Cara agar drivetrain tetap bersih dan terlubrikasi terbilang cukup mudah. Anda hanya harus mengurangi gesekan mekanis antara komponen drivetrain dan logam, agar perputaran ban tetap mulus nan halus. Sedangkan komponen drivetrain yang wajib dilubrikasi adalah rantai, karena fungsinya sebagai penghubung dan bersentuhan langsung dengan sprocket dan chainring sepeda. Meski lubrikasi dibutuhkan, namun pastikan porsinya tidak berlebihan.

  1. Menjaga Kebersihan Sepeda

Menjaga kebersihan sepeda, merupakan tips merawat sepeda yang wajib dilakukan. Bukan hanya demi menjaga tampilannya tetap oke bak baru beli semata, namun kebersihan sepeda ternyata cukup berpengaruh umurnya. Disebut demikian, pasalnya sepeda lebih mudah terkontaminasi kotoran baik debu maupun kotoran lainnya. Apabila kotoran terus menumpuk tanpa dibersihkan, ditakutkan berdampak buruk pada ketahanannya.

Bermula dari rasa malas membersihkan sepeda kesayangan ternyata bisa mengakibatkan munculnya karat pada beberapa komponen sepeda, korosi pada bagian frame, dan berdampak pada umur komponen sepeda. Sebelum hal yang tidak diinginkan terjadi, dianjurkan untuk membersihkannya secara rutin setiap 2 minggu sekali ataupun setelah digunakan. Cukup dengan rutin membersihkan sepeda, kendaraan tetap nyaman dan lebih tahan lama.

  1. Memastikan Mur dan Baut Terpasang dengan Tepat

Apabila diperhatikan dengan seksama, Anda bisa meihat jika sepeda terdiri dari berbagai komponen yang saling berhubungan satu sama lain. Misalkan ada satu komponen yang bekerja kurang optimal, maka secara keseluruhan sepeda menjadi kurang nyaman atau bahkan membahayakan pengendaranya. Bahkan komponen seperti mur dan baut sangat penting diperhatikan, apakah sudah terpasang dengan tepat dan sesuai.

Ada beberapa faktor mengapa bur dan baut perlahan mulai kendor, sehingga penting bagi sang pemiliknya untuk mengecek secara rutin. Pentingnya menjaga kedua komponen ini tetap erat, termasuk tips merawat sepeda tepat karena ditakutkan akan merusak komponen yang lain. Beberapa baut yang wajib diperhatikan tingkat kekencangannya yaitu baut kokpit (rem, shifter, stem, dan stang), baut pedal, baut saddle dan seatpost, dan AS WR maupun TA pada bagian rodanya.

  1. Memastikan Sepeda Berfungsi Optimal

Sebagai pengendara, dituntut lebih peka jika merasakan ada sedikit perubahan fungsi pada kendaraannya. Entah itu karena ban berputar tidak lurus, stang yang terasa kaku, rem terasa kurang mantap, hingga munculnya suara suara asing ketika sepeda dikayuh penting diwaspadai. Semua pertanda tersebut memberikan sinyal bahwa sepeda dalam keadaan kurang baik, dan membutuhkan perawatan segera agar tidak semakin parah.

Apabila merasakan perubahan atau penurunan fungsi namun tidak menemukan sumber permasalahan, akan lebih baik jika membawanya ke bengkel sepeda terdekat. Selama sepeda diperbaiki, jangan lupa sampaikan permasalahan yang dirasakan sekaligus berkonsultasi dengan mekanik yang menanganinya. Tips merawat sepeda satu ini, mencegah agar kerusakan tidak bertambah parah karena ditangani lebih awal dan tepat.

  1. Tambahkan Pelapis Body

Perawatan lain yang bisa dilakukan agar cat sepeda tetap mengkilat dan awet hingga puluhan tahun lamanya, yaitu menambahkan pelapis bodi. Meski tidak wajib dilakukan, namun tidak ada salahnya memberikan lapisan pelindung ini agar sepeda tetap cantik di kemudian hari. Selain menjaga kualitas cat sepeda, pemberian lapisan tambahan ini membantu mengurangi adanya lecet lecet di beberapa bagian.

  1. Mengecek Sistem Pengereman Sepeda

Salah satu angkaian perawatan terpenting dan tidak boleh dilewatkan, adalah mengecek sistem pengeremannya baik sebelum maupun sesudah digunakan. Lakukan secara teliti, karena rem yang sudah aus membuatnya tidak dapat bekerja optimal. Begitu menyadari rem mulai aus, segera ganti kampas rem demi keselamatan dan kenyamanan berkendara. Selain itu, pastikan minyak rem dan setelan kabelnya diberikan minyak pelumas agar sepeda bekerja maksimal.

  1. Semir Ban Sepeda

Mencuci sepeda kesayangan termasuk bagian dari tips merawat sepeda sederhana yang menawarkan segudang manfaat. Setelah sepeda bersih setelah dicuci, tidak ada salahnya menambahkan semir pada ban sepeda agar ban tampak seperti baru. Menjaga tampilan tetap cantik dan bersih, mampu menghadirkan rasa bangga tersendiri karena berhasil merawatnya dengan baik dan benar. Sudahkan Anda menyemir sepeda kesayangan ?

Bukan hanya kendaraan bermotor saja, saat ini sepeda terlihat mendominasi padatnya jalanan. Bukan sekedar hobi, sebab kini telah menjamur berbagai komunitas pecinta sepeda hingga membuat jersey sepeda costum untuk menunjukkan eksistensinya. Tidak tanggung tanggung, bermunculan berbagai jenis sepeda yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Agar si sepeda kesayangan tetap awet, jangan lupa untuk memberikan perawatan lebih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *