Tafsir Surat Ibrahim Dan Maknanya

Al quran memiliki surat ibrahim yang memiliki maknadan juga sejarah yang cukup panjang. Mengisahkan tentang kisah hidup nabi ibrahim dan juga keturunannya memberikan maksud bahwa manusia harus senantiasa belajar dari kesalahan yang diperbuat untuk berbuat lebih baik lagi. Meskipun berbeda jaman dan berjarak waktu yang cukup jauh dari nabi ibrahim, namun manusia bisa menikmati dan juga mempelajari kisah hidup nabi ibrahim dengan lebih jelas. Di dalam tafsir surat ibrahim, umat manusia akan belajar dan juga memiliki pemahaman yang mendalam perihal makna kehidupan yang sesungguhnya. Belajar tentang hidup menjadi lebih berarti dan lebih bermakna dari kisah para nabi yang diceritakan di dalam al quran secara mendalam.

Belajar Dari Tafsir Surat Ibrahim

tafsir surat ibrahim sesungguhnya memiliki makna yang cukup dalam bagi umat manusia. Di dalam surat yang memiliki nama seperti nama nabi ibrahim ini memiliki makna dan pelajaran berharga untuk bekal kehidupan manusia. Belajar dari kisah kehidupan nabi ibrahim melalui surat ini tentu saja akan memberikan sebuah hikmah yang cukup mendalam untuk kehidupan manusia secara keseluruhan. Oleh karenanya, kisah nabi ibrahim di angkat dan diceritakan di dalam alquran dengan maksud untuk memberikan pembelajaran penting kepada manusia tentang bagaimana menyikap persoalan di dalam kehidupannya.

pixabay.com

Di dalam surat yang memiliki nama seperti nabi ibrahim diawali dengan kalimat bahwa kitab al quran merupakan kitab yang disempurnakan dan dilindungi oleh allah swt. Kitab yang diturunkan untuk umat manusia agar umat manusia bisa keluar dari kehidupan yang gelap gulita menjadi kehidupan yang terang benderang. Al quran menjelaskan bahwa tujuan diturunkannya al quran adalah sebagai petunjuk yang nyata bagi manusia agar bisa keluar dari kehidupan yang gelap gulita seperti malam yang gelap menuju kehidupan yang lebih terang benderang. Demi tujuan yang lebih mulia inilah al quran diturunkan ke muka bumi untuk dijadikan petunjuk yang senyatanya untuk umat manusia.

Dilanjutkan dengan penjelasan perihal sifat yakni keperkasaan allah swt yang menguasai seluruh alam semesta dan seisinya. Alam semesta dan seluruh isinya tunduk dan patuh kepada allah swt. Keperkasaan dan juga kekuasaan ini menunjukkan bahwa manusia merupakan makhluk ciptaanNYa yang diharuskan untuk patuh dan tunduk kepada allah swt. Menjelaskan juga bahwa allah memiliki segala apa yang ada di langit dan juga yang ada di bumi beserta segala isinya. Sehingga seluruh isi langit dan bumi tunduk menyembah allah swt dengan rasa hormat dan patuh. Ketundukan kepada allah swt terhadap apa yang sudah diciptakan serta diberikan kepada manusia berupa lagit, bumi dan seluruh alam semesta menjadi sebuah bukti abadi bahwa allah swt itu merupakan maha perkasa.

pexels.com

Surat Ibrahim Yang Penuh Makna

Di dalam surat yang memiliki nama ibrahim dilanjutkan bahwa di dalam tafsir surat ibrahim menunjukkan bahwa akan terjadi kecelakaan dan kemalangan yang akan menimpa bagi orang-orang yang kafir yang tidak mempercayai kekuasaan dan keperkasaan allah swt dan seluruh penciptaannya yang ada di alam semesta. Allah swt akan menjatuhkan siksaan yang sangat pedih bagi kaum kafir yang tidak mempercayai allah swt sebagai satu-satunya maha pencipta dan maha perkasa akan kekayaan dan kekuasaan yang dimilikinya. Siksaan pedih itu akan diturunkan kepada kaum kafir yang sama sekali tidak memiliki keinginan untuk memperbaiki diri dan mempercayai bahwa allah itu maha perkasa lagi maha mengetahui apa yang ada di muka bumi.

Dilanjutkan dengan sebuah kalimat bahwa bagi manusia yang lebih mementingkan kehidupa duniawi jika dibandingkan dengan kehidupan akhirat tentu akan membawa sebuah kecelakaan yang amat. Sebab kehidupan dunia bukan merupakan tujuan akhir. Masih ada hari akhir yang lebih panjang dan lebih abadi keberadaannya. Sebuah ancaman bagi kaum yang menginginkan bahwa jalan allah itu bengkok. Padahal jalan allah itu sesungguhnya sangat lurus. Bagi kaum yang menghalalkan segala cara untuk menghalangi manusia dari kebaikan tentu akan mendapatkan siksa yang sangt pedih dan juga sangat menyakitkan.

pxhere.com

Siksa pedih akan diterima oleh orang yang sedang berada di jalan yang sesat dan juga menyesatkan. Sebuah kehidupan yang fana yang tidak akan abadi. Dimana manusia yang senantiasa mengerjakan keburukan tentu akan menderita kerugian. Sebab siksa yang akan allah berikan atas apa yang diperbuatnya yakni perbuatan perusakan tentu akan sangat menyakitkan bagi kaum yang sesat. Sehingga allah mengutus seorang rosul yang menggunakan bahasa kaumnya untuk bisa memberikan penjelasan yang sejalas-jelasnya dan seterang-terangnya mengenai jalan allah itu lurus dan akan terus lurus sampai kapanpun. Seorang rosul yang bertugas di atas sebuah kaum tentu memiliki tujuan yang jelas yakni meminta kaumnya agar memperbaiki diri untuk mempersiapkan bekal di hari akhir lebih baik lagi. Seorang rosul diutus untuk meluruskan kehidupan dan pemikiran kaumnya yang sesat. Sehingga tujuan mulia rosul adalah untuk menyelamatkan kaumnya dari kerusakan yang cukup dalam serta mencegah kaumnya dari melakukan kerusakan di muka bumi. Terutama kaum yang belum sadar akan pentingnya hari akhir yang harus dipersiapkan lebih baik.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *