Susunan Acara Aqiqah Yang Bisa Dicontoh

Aqiqah adalah acara yang dilaksanakan untuk memberikan rasa syukur kepada Allah SWT atas lahirnya anak anda dengan pasangan anda. Oleh karena itu Aqiqah diperlukan untuk dilaksanakan. Adapun pelaksanaan Aqiqah ini memiliki beberapa susunan acara Aqiqah yang harus anda pikirkan matang – matang.

Jika anda belum mengetahuinya dengan pasti dan benar, anda bisa mengetahuinya dengan mencari contoh susunan acara Aqiqah yang baik dan benar. Anda penasaran? Berikut ini adalah susunan acara Aqiqah yang bisa anda gunakan.

Daftar Susunan Acara Aqiqah

Pixabay.com

Jika anda ingin melaksanakan Aqiqah yang baik dan benar, maka setidaknya anda perlu mengetahui adat yang ada di lingkungan anda. Adapun yang hanya mengadakan acara biasa kemudian membagikan katering, ada pula yang mengadakan acara besar dan mengundang orang – orang.

Hal tersebut tetap saja menjadi wewenang anda saat akan mengadakan acara Aqiqah. Oleh karena itu anda bisa dengan mudah mengetahui susunan acara Aqiqah jika anda memang ingin mengadakan acara Aqiqah secara besar – besaran. Pastikan persiapan untuk Aqiqah sudah anda lakukan sehingga anda harus tinggal hanya memikirkan siapa yang memandu acara dan bagaimana acara tersebut dapat berjalan dengan lancar. Bagi yang belum menyiapkan bisa konsultasi dengan penyedia Aqiqah Sidoarjo dan sekitarnya

  1. Pembukaan

Pembukaan biasanya diucapkan dengan bacaan bismillah. Hal ini juga menjadi salah satu pembukaan yang umum untuk setiap acara sehingga bisa dijadikan sebagai salah satu hal yang penting dalam susunan acara Aqiqah yang akan anda buat. Adapun tidak harus pembacaan bismillah namun bisa juga anda berikan doa yang sesuai untuk membuka acara. Bisa juga di buka dengan surah Al – Fatihah. Pembukaan pada acara sangat penting karena jika dibuka dengan baik, maka susunan acara yang lainnya akan berjalan dengan baik dan lancar. Oleh karena itu, selalu buka acara dengan pembukaan yang baik sehingga acara Aqiqah berjalan lancar.

  1. Pembacaan Al – Quran

Selanjutnya setelah pembukaan, susunan acara Aqiqah yang selanjutnya adalah dengan membacakan ayat suci Al Quran. Biasanya ayat suci yang dibacakan adalah surah Lukman ayat 13 – 18. Biasanya surah yang ini dibacakan oleh ayah sang bayi, namun jika tidak bisa membacakan dengan baik maka bisa diwakilkan oleh orang yang dapat membacanya dengan baik atau bisa saja menggunakan ayat suci yang lainnya. Hal ini bermakna memberikan doa pada kelangsungan acara dan anak yang sedang diberikan syukuran. Apapun bacaan Al Quran yang digunakan tetap baik sehingga pastikan anda mempersiapkan untuk susunan acara Aqiqah pada bagian ini.

  1. Sambutan dari keluarga

Selanjutnya adalah sambutan dari keluarga. Sambutan ini adalah salah satu susunan acara Aqiqah yang pastinya ditunggu – tunggu oleh para hadirin yang telah datang. Adapun sambutan ini bisa dari sang ayah atau yang dituakan di dalam keluarga tersebut. Pastikan dalam sambutan dilakukan dengan baik dan ramah sehingga hasil yang diberikan baik.

Sebaiknya sambutan tidak terlau cepat dan tidak terlalu lama. Mungkin saja paling lama adalah 5 menit. Jika sambutan sudah selesai, maka langsung dilanjutkan ke acara berikutnya. Bagi yang memberikan sambutan, pastikan juga anda mempersiapkan sambutan sehingga anda menjadi lebih baik saat memberikan sambutan di depan para hadirin yang telah datang.

  1. Pemotongan Rambut secara simbolis

Acara selanjutnya adalah acara pemotongan rambut. Pemotongan rambut dilakukan kepada bayi yang baru lahir dan dilihat oleh para hadirin. Hal ini dilakukan secara simbolis yang menyatakan bahwa bayi yang baru lahir ini diperkenalkan kepada khalayak umum dan di doakan untuk kebaikannya. Lalu setelah dipotong rambutnya secara simbolis, perkenalan bayi dilanjutkan dengan memberitahukan nama sang bayi.

Pemberitahuan ini dimaksudkan agar oran – orang di sekitar mengenal sang bayi dan apabila terjadi sesuatu bisa mengetahui dengan pasti identitas si bayi yang sedang akan dilaksanakan Aqiqah. Hal ini menjadi salah satu susunan acara Aqiqah yang cukup sakral sehingga membuat orang – orang pasti akan bahagia saat memperhatikannya.

  1. Tausiyah dan pembacaan doa

Pixabay.com

Selanjutnya yang bisa dimasukan adalah tausiyah dan pembacaan doa. Untuk susunan acara Aqiqah yang satu ini biasanya dilakukan oleh Ustadz yang ada di lingkungan rumah tersebut. Tausiyah yang diberikan biasanya tentang pentingnya Aqiqah atau hal – hal yang berkaitan dengan Aqiqah.

Hal ini menjadi salah satu budaya dalam susunan acara Aqiqah. Jika tausiyah sudah selesai, maka dilanjutkan dengan doa. Doa ini sekaligus menutup acara Aqiqah dan mendoakan sang bayi yang lahir agar menjadi anak yang berbakti dan berguna bagi bangsa. Hal ini menjadi salah satu susunan acara yang cukup penting pula.

  1. Makan – Makan

Acara selanjutnya adalah makan – makan. Makanan ini disediakan oleh orang yang mengadakan Aqiqah, anda bisa memesannya dengan mencari Aqiqah Sidoarjo bagi warga sekitar Jawa timur. Biasanya akan banyak menu makanan yang disediakan dan pastinya ada makanan dengan olahan daging kambing. Biasanya ada juga yang memberikan nasi kotak untuk dibawa pulang agar lebih mudah dan hemat.

Beberapa hal di atas adalah yang berkaitan dengan susunan acara Aqiqah yang bisa diberikan oleh aqiqahsakinah.com. Semoga bisa membantu anda dalam melakukan acara Aqiqah untuk anak anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *