Solusi Mengatasi Anak Gampang Sakit

Hampir sebulan sekali anak-anak pasti mengalami sakit. Biasanya yang paling sering dialami adalah demam atau pilek. Dan pasti kita akan bertanya-tanya,kenapa sih anak sering sakit?

Ketika anak demam,orang tua pastilah merasa khawatir. Apalagi jika demam anak tersebut tidak turun lebih dari tiga hari. Demam sebenarnya adalah suatu respon tubuh anak terhadap sesuatu untuk mempertahankan diri. Misalnya karena adanya bakteri,virus dan lain-lain.

Nah, seberapa kuat daya tahan tubuh anak untuk mempertahankan diri? Hal itu tergantung dari beberapa faktor diantaranya adalah status gizi anak, lingkungan dan adanya penyakit pada anak sehingga imunnya menjadi turun.

Hal ini juga yang menyebabkan para orang tua merasa bingung untuk membedakan demam yang terjadi pada anak. Apakah demam itu merupakan demam biasa ataukah demam yang terjadi lebih serius.

Sebenarnya kita para orang tua tak perlu merasa khawatir berlebihan jika anak mengalami demam tetapi masih mempunyai nafsu makan dan minum, serta anak masih terlihat aktif bermain. Yang perlu kita khawatirkan adalah demam yang terjadi lebih dari tiga hari baru membawa anak ke dokter.

Solusi Anak Gampang Sakit

Oh iya, karena demam sering terjadi pada anak jadi sebelum kita berkonsultasi ke dokter ada baiknya untuk melakukan solusi mengatasi anak gampang sakit dibawah ini :

1.       Selalu mengukur suhu tubuh anak dengan menggunakan termometer

2.       Perbanyak minum air putih agar anak tidak sampai kekurangan cairan atau dehidrasi

3.       Gunakan pakaian yang tepat, tidak tebal dan mudah menyerap keringat

4.       Mengompres dengan menggunakan air hangat untuk membantu menurunkan demam pada anak

5.       Minum paracetamol

Sebenarnya agar anak tidak gampang sakit, maka kita juga harus memberi nutrisi yang cukup untuk anak. Karena hal ini akan membantu daya tahan tubuh anak. Jadi berikan selalu nutrisi yang baik dengan gizi seimbang.

Kita juga harus bisa memastikan bahwa lingkungan yang menjadi tempat bermain anak selalu terjaga kebersihannya. Tidak berbahaya,serta bebas dari asap rokok. Dan yang terpenting adalah memberikan imunisasi anak secara lengkap untuk menghindari dari penyakit yang berbahaya di kemudian hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *