Pentingnya Sistem Magang Bagi Mahasiswa

Bagi kalangan siswa yang kebetulan mendapatkan kesempatan untuk bisa pengalaman magang di perusahaan besar dan tentunya bergeser menjadi salah satu keuntungan tersendiri. Pastinya Anda penasaran kenapa ketika mendapatkan kesempatan magang ada poin Plus untuk Universitas ataupun mahasiswa tersebut. Kini titikdua akan memberikan penjelasan mengenai manfaat dan keuntungan ketika kita mendapatkan kesempatan mengikuti program magang. Ketika kita mendapatkan kesempatan untuk bisa magang di sebuah perusahaan pastinya akan mengetahui dinamika dunia kerja yang ada pada perusahaan tersebut. Terutama bagi kalangan mahasiswa yang ingin melanjutkan karirnya untuk menjadi karyawan di sebuah perusahaan.

Ketika anda mendapatkan kesempatan untuk belajar di lapangan ataupun magang ini bukan hanya mendapatkan sertifikat magang saja. Yang terpenting adalah ilmu dari anda mempelajari berbagai kegiatan di perusahaan tersebut.

Magang Menjadi Salah Satu Syarat Untuk Bisa Meraih Gelar Sarjana

Sebenarnya ketika kita kuliah di dalam kelas merupakan pengetahuan secara teori, sedangkan ketika kita mendapatkan kesempatan untuk bisa magang, berarti kita mendapatkan kesempatan untuk melihat prakteknya. Kita bisa mengaplikasikan semua ilmu yang sudah dipelajari di bangku perkuliahan untuk melihat secara detail tentang seluk beluk serta standar kerja yang ada di perusahaan profesional. Secara otomatis pengalaman tersebut akan menjadi salah satu bekal bagi Anda yang ingin mendalami jenjang karir yang sesungguhnya nanti.

Selain itu Mahasiswa juga bisa menambah wawasan serta untuk memahami bagaimana cara kerja serta manajemen yang ada pada perusahaan ataupun industri tersebut. Jadi jangan sia-siakan Ketika anda mendapatkan kesempatan untuk bisa belajar secara langsung pada sebuah perusahaan dengan sistem belajar magang. Karena ini akan menjadi salah satu bekal bagi anda para mahasiswa untuk jenjang karir ke depan nantinya.

Sebenarnya kita juga diperbolehkan mengikuti program magang tersebut di perusahaan luar negeri. Yaitu berdasarkan dari aturan keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Terkadang ada juga mahasiswa yang malas untuk mengikuti program magang yang sudah di buat oleh pihak kampus. Padahal ini merupakan salah satu pembelajaran yang nantinya sangat bermanfaat bagi anda para mahasiswa. Ketika kita hanya mempelajari teori saja tanpa melihat secara langsung yang ada di lapangan tentu saja tidak akan bisa membayangkan berbagai hal yang akan terjadi. Maka dari itu kini setiap kampus memberikan program magang bagi mahasiswa untuk meningkatkan kemampuan serta untuk meningkatkan skill mereka dalam teori di kampus.

Namun bagi anda yang sudah mendapatkan kesempatan untuk bisa makan pada perusahaan juga harus serius. Jangan hanya asal anda mengikuti program magang tersebut dan nantinya hanya asal ikut untuk mendapatkan sertifikat saja. Sertifikat memang diperlukan nanti untuk bisa melamar pekerjaan dan dilampirkan pada lamaran tersebut. Akan tetapi yang lebih penting adalah skill dan pengetahuan dari calon pekerja tersebut untuk melamar di sebuah perusahaan bergengsi. Apalagi saat ini sebagian besar perusahaan mencari karyawan yang berkompeten. Hal tersebut memang menjadi salah satu persyaratan yang paling utama.

Karena tidak mungkin perusahaan bisa maju dengan karyawan yang tidak berkompeten. Artinya Ketika anda hanya berniat untuk mendapatkan sertifikat saja tentu buka akan percuma untuk program magang yang anda ikuti. Dari pihak kampus pun juga sudah memiliki strategi agar nantinya dari lulusan kampus ataupun Universitas tersebut memiliki skill yang bisa bersaing di lapangan nantinya.

Maka dari itu banyak sekali kampus saat ini yang sudah bekerjasama dengan perusahaan untuk bisa merekrut mahasiswanya untuk mengikuti program magang pada perusahaan tersebut. Tentunya dari kedua pihak tersebut saling menguntungkan. Dari universitasnya akan bisa meluluskan mahasiswa yang berkompeten. Dan dari perusahaannya pun juga akan mendapatkan tenaga kerja dari mahasiswa yang melakukan praktek tersebut.

Perusahaan juga akan mendapatkan keuntungan dari tim audit yang gratis. Yaitu berdasarkan dari laporan yang sudah dibuat oleh para Mahasiswa magang tersebut untuk perusahaannya. Ini merupakan salah satu kesempatan serta pengalaman yang sangat berharga bagi anda para mahasiswa yang ingin mendapatkan ilmu bermanfaat untuk nantinya.

Yang Bisa Didapatkan Mahasiswa Sebagai Peserta Magang

Pastinya banyak sekali hal yang bisa kita dapatkan ketika mendapatkan kesempatan untuk belajar secara langsung ataupun di lapangan. Yang pertama adalah mendapatkan sertifikat magang dari lembaga pelatihan kerja apabila dari perusahaan sudah bekerja sama dengan pihak kampus. Berikutnya adalah bisa mengikuti uji kompetensi dan tentunya mendapatkan pengakuan untuk kualifikasi kompetensi. Pihak maka akan mendapatkan perlindungan asuransi kecelakaan kerja ataupun kesehatan. Dan premi tersebut nantinya akan di tanggung oleh pihak lembaga peserta program magang tersebut.

Ketika anda beruntung mendapatkan tempat magang yang cocok akan mendapatkan uang pesangon ataupun uang saku. Tapi uang saku tersebut tentunya sudah diperjanjikan di awal sebelum anda mengikuti magang. Yang paling menguntungkan lagi Ketika anda mengikuti program magang dan di perusahaan yang sudah anda inginkan sejak dulu bisa langsung melamar nantinya ketika sudah lulus. Dari pihak kampus biasanya juga akan menjalin kerja sama untuk direkomendasikan para mahasiswa tersebut bergabung pada perusahaannya. Sehingga setelah lulus kuliah nanti anda akan langsung mendapatkan  pekerjaan di perusahaan yang sudah anda mimpikan sejak dulu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *