Sensasi di Atas Awan di Bukit Panguk

Yogyakarta adalah salah satu tempat tujuan wisata yang paling sering dikunjungi. Tidak hanya tempat-tempat yang iconic seperti jalan malioboro dan keraton, akan tetapi Yogyakarta memiliki segudang tempat wisata lainnya. Tak terkecuali wisata alam, Bukit Panguk adalah salah satunya.

Letak Bukit Panguk

Bukit Panguk terletak di Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Bukit ini terletak dekat sengan kawasan wisata yang sudah terkenal sebelumnya, yaitu Kebun Buah Mangunan. Bukit Panguk di buka pada tahun 2016, oleh sebab itu Bukit Panguk belum terlalu populer seperti destinasi wisata di Jogja lainnya, seperti Kebun Buah Mangunan, Puncak Becici, dan Hutan Pinus Mangunan.

Sunrise Di Atas Awan

Hal yang paling istimewa dari Bukit Panguk adalah pemandangan matahari terbitnya. Pengunjung akan merasa seperti di atas awan saat sedang menyaksikan sunrise. Sunrise di Bukit Panguk dapat terlihat jelas karena bukit ini menghadap ke arah timur.

Waktu yang paling tepat untuk menikmati pemandangan sunrise di atas awan Bukit Panguk adalah pukul 05.00 WIB. Diusahakan untuk mengunjungi Bukit Panguk pada musim kemarau agar sunrise dapat terlihat jelas. Apabila pengunjung datang di musimm hujan, pengunjung dapat mencari hari yang tidak hujan untuk menikmati sunrise Bukit Panguk.

Untuk mengunjungi Bukit Panguk, saat ini hanya bisa dengan kendaraan pribadi saja, seperti mobil atau sepeda motor. Untuk kendaraan seperti bus belum dapat mencapai tempat ini, karena keterbatasan akses jalan menuju Bukit Panguk.

Rute ke Bukit Panguk

Rute Menuju Bukit Panguk dapat dimulai dari pusat Kota Yogyakarta menuju teminal Giwangan. Lalu menuju arah selatan melalui jalan imogiri timur yang akan melewati kompleks makam raja-raja Imogiri. Sebelum melewati kompleks makam raja-raja Imogiri akan terdapat papan pennunjuk jalan yang mengarahkan ke Kebun Buah Mangunan maupun Hutan Pinus. Ikuti penunjuk jalan tersebut.

Berhati-hatilah saat melakukan perjalanan menuju bukit panguk karena jalan yang dilalui cukup sulit. Jalan menuju Bukit Panguk terdapat banyak kelokan dan jalanan naik turun. Usahakan pengunjung dalam keadaan fit serta kendaraan juga dalam kondisi yang baik.

Harga Tiket Bukit Panguk

Jam buka Bukit Panguk adalah pukul lima pagi dan tutup pada pukul 6 sore. Untuk harga tiket masuk, sangat terjangkau untuk semua kalangan, Tiket masuk Bukit Panguk hanya sebesar Rp2.500,00 per orang. Untuk Parkir kendaraan, sepeda motor dikenai biaya Rp2.000,00 dan untuk mobil dikenai biaya Rp5000,00.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *