Persiapan Pindah Rumah ke Kalimantan Timur

Siapa diantara Kalian yang sedang merencanakan untuk berpindah lokasi tempat kerja, atau mungkin melakukan pindah rumah ke Kalimantan Timur? Ke mana pun daerah yang akan dituju, jangan lupa untuk mempersiapkan segala hal secara matang supaya setelah pindahan, Anda tetap merasa nyaman.

Kurang pengetahuan mengenai ongkos kirim yang dikenakan jika melakukan pindahan dari Jawa Timur menuju Kalimantan? Tidak perlu khawatir, selanjutnya simak pembahasan singkat berikut ini.

Biaya Ekspedisi dari Surabaya ke Kalimantan Timur

ilustrasi (photo: pixabay.com)

Kalimantan timur sendiri merupakan salah satu provinsi yang terletak di ujung timur pulau Kalimantan dengan perbatasannya adalah negara Malaysia, Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, Sulawesi dan beberapa bagian daerah Kalimantan yang lain. Ibu kota dari Kalimantan Timur yaitu Samarinda.

Biaya Ekspedisi Surabaya Kalimantan yang dikenakan beragam tergantung dengan jenis pelayanan yang dipilih. Terdapat beberapa layanan diantaranya regular, kilat, dan masih banyak layanan lainnya. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp2.500,-/kg hingga Rp4.600.000,- per 1kg. Rute yang digunakan biasanya menggunakan jalur darat atau jalur laut. Karena jika menggunakan jalur udara, maka pengirim akan dibebankan biaya yang lebih mahal lagi dibandingkan kedua rute tersebut.

Tips Pindah Rumah ke Kalimantan Timur

ilustrasi (photo: pixabay.com)

Berpindah dari satu daerah ke daerah yang lain dapat disebut juga dengan imigrasi. Sedangkan orang yang melaksanakannya disebut dengan imigran. Hal ini tentu saja menjadi hal yang besar jika berkaitan dengan perpindahan yang melibatkan sekelompok kecil hingga kelompok besar dalam artian keluarga. Jadi, apa saja hal yang harus dipersiapkan sebelum melakukan pindahan? Simak penjelasan berikut ini.

  1. Musyawarah dengan Anggota Keluarga

Melakukan musyawarah tidak hanya di saat sedang melangsungkan pertemuan besar seperti rapat kerja, sosialisasi, panitia penyelenggara sebuah acara, dan lain sebagainya. Pindah rumah juga dapat dikategorikan kedalam hal besar, karena nantinya akan berpengaruh terhadap orang yang bersangkutan.

Mencapai kata mufakat atau persetujuan bersama dari pihak keluarga, dapat meringankan beban pikiran maupun membantu kelancaran proses pindahan rumah yang nantinya akan dilakukan. Jika melakukan pindahan hanya dengan modal nekat, maka dapat dipastikan, Kalian akan sulit mendapatkan kata “setuju” dari pihak keluarga ataupun pasangan hingga anak Anda.

  1. Pastikan Lokasi Pindahan yang Dituju Tidak Bermasalah

Tempat tinggal baru harus dipastikan terlebih dahulu lingkungan maupun keamanan di dalamnya. Memiliki tetangga yang baik dan saling rukun untuk menjaga rasa aman antara satu keluarga dengan keluarga lain, menjadi dambaan bagi setiap orang yang ingin pindah rumah dari satu daerah menuju daerah lainnya. Baik itu masih berada di satu pulau yang sama atau pulau yang berbeda.

  1. Persiapkan Budget yang Lebih

Menyediakan budget yang lebih dari kebutuhan sehari-hari saat akan melakukan pindahan, menjadi hal penting yang harus diperhatikan. Karena, bisa saja terjadi pengeluaran diluar rincian anggaran yang telah direncanakan. Jika hal tersebut terjadi, maka akan menjadi masalah besar bahkan hal terburuknya adalah menyebabkan kegagalan pindahan.

Padahal, bisa saja alasan Kalian harus pindah disebabkan oleh tuntutan pekerjaan yang mengharuskan untuk berpindah lokasi. Maka, untuk meminimalisir atau berada pada zona aman, permasalahan mengenai finansial dipersiapkan secara matang. Jangan sampai kegagalan pindahan dapat mempengaruhi karir Anda di dunia kerja.

  1. Kemasi Barang Sesuai Jenisnya

Barang yang akan dipindahkan, sebaiknya dimasukkan kedalam box atau kardus lalu diberi label sesuai dengan jenisnya. Pengemasan yang rapih, dapat mempermudah pemilik untuk membongkar barang, kemudian meletakkannya di tempat yang seharusnya. Misal, peralatan dapur seperti panci dan lainnya dimasukkan kedalam satu tempat lalu diberi keterangan peralatan dapur.

Begitu pula untuk mainan anak-anak, buku-buku, ataupun baju. Sedangkan untuk lemari yang dapat dibongkar pasang, sebaiknya dilepas terlebih dahulu sebelum dinaikkan atau dikirim ke lokasi pindahan. Selain dapat menghemat ruang agar muat diletakkan barang yang lain, pengemasan untuk menjaga barang supaya tidak rusak selama proses pengiriman pun tidak terlalu sulit.

  1. Pilih Jasa Pengangkutan Barang yang Terpercaya

Kurir serta kendaraan yang digunakan untuk mengangkut barang-barang Anda menuju lokasi pindahan, merupakan hal yang sangat penting. Jangan sampai ketika Kalian sudah berada di rumah baru, barang tidak kunjung sampai atau bahkan menghilang begitu saja.

Barang lama bukan berarti barang yang sudah rusak, melainkan memiliki nilai tersendiri baik kenangan di dalamnya atau bisa menghemat keuangan untuk tidak membeli barang karena masih dapat digunakan. Agen yang menawarkan jasa pengiriman atau antar barang untuk pindahan, biasanya memiliki lokasi kantor serta mitra kerja agen yang dapat dilihat melalui website resmi agen tersebut.

Harga yang ditawarkan jelas sesuai dengan kesepakatan awal, jika tiba-tiba terjadi kenaikan harga di tengah proses pengiriman barang sebaiknya mulai berhati-hati. Langsung laporkan hal tersebut ke call center yang tersedia di informasi agen yang dipilih.

  1. Perhatikan Jadwal Kegiatan Minimal Sebulan Sebelumnya

Jadwal kegiatan yang begitu padat, dapat menjadi kendala ketika hari dimana seharusnya Kalian sudah mulai untuk pindahan. Proses pindahan menjadi tidak berjalan sesuai rencana, padahal sudah dipersiapkan dari jauh-jauh hari. Oleh karena itu, pastikan sebulan sebelumnya Anda mengosongkan jadwal beberapa hari atau minimalnya 2 hari untuk melakukan proses pindahan. Sehingga tidak ada alasan lagi bagi untuk mengulur waktu pindahan.

Fokus yang ada tidak terbagi antara jadwal kegiatan maupun proses pindahan. Tidak ada yang dirugikan ataupun merasa rugi karena membatalkan suatu janji atau kegiatan di hari H saat melangsungkan pindahan.

Demikian penjelasan umum mengenai pindah rumah ke Kalimantan Timur. Informasi lebih lengkapnya dapat Kalian lihat melalui website resmi atau datang berkonsultasi langsung ke jasa pengangkutan barang. Semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *