Sinyal Wifi Lemah? Ini Dia Penguat Sinyal Wifi Terampuh

Wifi merupakan salah satu layanan internet yang kini cukup banyak digemari. Pasalnya memang wifi menawarkan koneksi internet yang mudah dengan koneksi yang cepat dan bahkan bisa sangat cepat pada kondisi-kondisi tertentu. Wifi kini juga sangat mudah ditemukan mulai dari di sekolah, kantor, cafe, tempat umum, dan lain sebagainya. Kecepatan koneksi wifi ternyata juga bergantung pada kuat lemahnya sinyal wifi yang tertangkap oleh perangkat Anda. Nah bagi Anda yang memiliki koneksi wifi yang lemah, maka Anda dapat menggunakan penguat sinyal wifi untuk Android yang tentunya akan membantu menguatkan sinyal Anda sehingga secara otomatis dapat meningkatkan kecepatan koneksi internet.

Diera yang serba teknologi ini, memang keberadaan koneksi internet sangatlah dibutuhkan. Pasalnya memang tanpa koneksi internet kita akan ketinggalan berbagai hal mulai dalam hal komunikasi maupun informasi. Nah maka dari itu Wifi menjadi salah satu solusi bagi Anda yang menginginkan koneksi internet dengan jangkauan yang cukup luas, dengan biaya yang lebih murah, dan fasilitas internet yang cukup memuaskan. Selain itu adanya wifi juga dapat memungkinkan banyak perangkat untuk mengakses internet dengan mudah.

pixabay.com

Penyebab Sinyal Wifi Lemah

Wifi kini memang semakin banyak diminati, pasalnya memang berbagai kemudahan yang ditawarkan wifi membuat orang perlahan meninggalkan kabel dan beralih ke wifi. Iya meskipun banyak keunggulan yang dimilikinya, namun tak jarang wifi juga mengalami berbagai masalah yang diantaranya adalah sinyal yang melemah. Ketika sinyal melemah, maka akan secara otomatis koneksi menjadi lebih lambat. Untuk itu masalah sinyal melemah tentunya harus segera diketahui penyebabnya sehingga kita bisa menemukan solusinya. Nah berikut adalah beberapa penyebab sinyal wifi yang melemah:

  1. Teknologi router yang sudah terlalu tua

Perlu diketahui bahwasannya router dengan teknologi yang sudah lama akan mengalami penurunan performa termasuk koneksinya yang melemah. Untuk itu, dalam mengatasi masalah ini Anda tinggal mengganti ke router generasi terbaru agar sinyal Anda kembali kuat dan koneksi internet menjadi lebih lancar.

  1. Letak router yang kurang pas

Kebanyakan pemilik wifi memang agak menyembunyikan router sehingga tidak mengganggu keindahan rumah. Namun tau kah Anda jika hal tersebut justru akan mengganggu kinerja router itu sendiri? Untuk itu pastikan Anda meletakkan router ditempat-tempat yang lebih terbuka seperti di meja, langit-langit, atau dinding. Selain itu Anda juga dapat memposisikan antena router dengan posisi tegak lurus sehingga dapat membantu menguatkan sinyal wifi Anda.

  1. Jauhkan perangkat yang dapat mengganggu sinyal

Nah selain posisi router yang harus berada ditempat terbuka, pastikan juga bahwa disekitar router Anda tidak terdapat perangkat atau benda-benda yang dapat mengganggu keberadaan sinyal. Beberapa perangkat yang memang dapat mengganggu keberadaan sinyal diantaranya seperti alat monitor bayu, microwave, telepon tanpa kabel, dan sebagainya.

  1. Amankan dari penumpang wifi gelap

Nah mungkin Anda juga bertanya-tanya mengapa wifi jaringannya bisa lemot banget padahal sinyalnya udah bagus. Jika hal tersebut terjadi, maka kemungkinan ada seseorang yang numpang secara diam-diam pada koneksi wifi Anda. Nah dalam hal ini Anda bisa mengatasinya dengan cara ganti password wifi. Pastikan Anda juga mengganti password wifi Anda secara teratur sehingga sistem keamanan wifi Anda selalu terlindungi.

pixabay.com

Penguat Sinyal Wifi Ampuh

Nah ketika beberapa langkah diatas sudah dicoba, maka solusi selanjutnya adalah dengan cara mencari penguat wifi yang memang benar-benar membantu kekuatan sinyal wifi sehingga kita bisa mengakses internet dengan cepat. Berikut adalah beberapa penguat sinyal wifi yang bisa Anda coba.

  1. Wifi repeater

Jika ruangan Anda terlalu lebar dan sinyal wifi sulit menjangkau hingga ke berbagai ruangan yang letaknya agak jauh dari router, maka Anda dapat menggunakan repeater untuk menguatkan sinyal Anda. Repeater merupakan perangkat yang bekerja dengan cara menerima sinyal wifi untuk kemudian dipancarkan kembali dengan lebih kuat.

  1. Manfaatkan penguat sinyal dari bahan bekas

Nah tau nggak sih kalau kaleng minuman ringan juga dapat digunakan sebagai penguat sinyal? Iya Anda dapat menggunakan kaleng minuman ringan untuk digunakan sebagai wifi extender yang tentunya cukup efektif untuk memperkuat sinyal Anda dapat membantu meningkatkan koneksi internet pada perangkat Anda.

  1. Gunakan aplikasi penguat sinyal

Jika Anda sudah melakukan berbagai hal terkait wifi Anda namun koneksinya tetap saja membosankan, maka Anda dapat mencoba memeriksa perangkat Anda. Jangan-jangan terdapat masalah pada perangkat Anda. Nah dalam hal ini Anda dapat menggunakan beberapa aplikasi yang dapat menguatkan sinyal Anda. Salah satu aplikasi yang dapat menguatkan sinyal adalah wifi master key. Aplikasi yang dikembangkan oleh LinkSure Network ini selain dapat memperkuat sinyal juga dapat menghemat daya ponsel Anda. Selain wifi master key, terdapat beberapa aplikasi lainnya yang juga cukup efektif sebagai penguat sinyal wifi perangkat Anda. Adapun beberapa aplikasi lainnya seperti wifi doctor, wifi manager, wifi signal booster + extender, network master – speed test, dan sebagainya. Nah adapun aplikasi-aplikasi tersebut dapat Anda download melalui playstore untuk perangkat android Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *