Pelajari Tips Memilih Pengrajin Tembaga Terbaik di Boyolali

Seperti yang kita tahu, seni kerajinan tembaga dan juga kuningan memang sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Apalagi bagi mereka yang memang menyukai seni yang bernilai estetika tinggi tentu seringkali menjumpainya. Sekarang ini, karya-karya yang terbuat dari bahan tembaga dan kuningan memang tengah populer dan banyak dicari .

Sehingga tidak heran jika banyak dijumpai rumah-rumah yang berisikan perabotan dari bahan tembaga dengan model atau desain yang berbeda-beda. Nah, berbicara soal tembaga dan kuningan kurang lengkap rasanya jika kita tidak membahas tentang daerah Boyolali. Seperti yang diketahui Boyolali merupakan salah satu daerah penghasil tembaga dan kuningan di Indonesia yang sangat terkenal.

Mengenal Sejarah tentang Tembaga di Boyolali

pixabay.com

Sejarah Kerajinan Tembaga dan Kuningan

Berbicara tentang sejarahnya, kerajinan yang satu ini berasal dari wilayah yang sekarang ini lebih dikenal dengan sebutan Suriah atau Turki. Sebelum Masehi masyarakat dunia mampu mengolah tembaga yang mana sudah dicampuri dengan kadar yang berbeda-beda. Dari proses tersebutlah terciptanya logam kuningan dan tembaga yang masih terkenal hingga sekarang.

Selanjutnya seiring berjalannya waktu tepatnya pada abad ke 20 sebelum Masehi mulai melakukan percobaan dengan mencampurkan biji tembaga hingga menjadi uang koin dan barang kerajinan lainnya. Kemudian setelah tahun 300 AD, kerajinan tembaga dan kuningan mulai menyebar luas ke benua Eropa yang mana meliputi negara Jerman dan Belanda.

Sedangkan untuk di Indonesia sendiri, kerajinan tembaga ini dibawa oleh para penjajah dan terus mengalami perkembangan hingga sekarang ini. Bahkan tembaga dan kuningan sudah menjadi mata pencaharian sebagian masyarakat Indonesia.

Kerajinan Tembaga di Boyolali

Sebagian besar orang ketika mendengar kata tembaga dan kuningan pasti sudah langsung tertuju pada daerah Boyolali. Seperti yang sudah kita tahu, Boyolali memang menjadi salah satu daerah penghasil kerajinan tembaga dan kuningan yang sangat terkenal di Indonesia. Hebatnya, kerajinan tembaga yang berasal dari Boyolali ini sudah merambah pasar dunia.

Sejarah kerajinan tembaga di Boyolali sendiri yaitu berawal dari semua pengrajin tembaga di perkampungan Boyolali yang menghasilkan jenis kerajinan rumah tangga berbahan dasar tembaga. Namun seiring perkembangan, para pengrajin yang ada di sana mulai melakukan inovasi dengan membuat kerajinan seni ukir dengan model yang menarik dan unik.

Tips Memilih Pengrajin Tembaga Terbaik

pixabay.com

Kunjungi Website Produsen

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Boyolali terkenal akan seni kerajinan tembaga yang sangat mendunia. Sehingga tidak heran jika banyak dijumpai produsen atau pengrajin tembaga yang menawarkan berbagai bentuk kerajinan. Nah, bagi Anda yang tertarik atau sedang mencari kerajinan tembaga maka pastikan untuk memilih produsen yang benar.

Anda harus bisa memastikan bahwa produsen yang Anda pilih menawarkan produk-produk yang berkualitas. Untuk bisa menemukan produsen yang berpengalaman, maka Anda bisa mengunjungi websitenya. Di era yang sudah sangat maju seperti sekarang ini, sangat jarang sekali jika produsen tidak memiliki website pribadi.

Dengan mengunjungi websitenya, tentu Anda bisa mengetahui tentang model apa saja yang tersedia di sana. Jangan lupa juga untuk melihat bagian testimoni pelanggan dan pastikan bahwa produsen yang Anda pilih banyak mendapatkan komentar positif.

Kunjungi Tokonya Langsung

Selain mengunjungi website pengrajin, cara lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengunjungi tokonya secara langsung. Dengan berkunjung ke tokonya langsung, Anda bisa langsung melihat produk apa saja yang tersedia dan bisa menanyakan secara mendetail tentang produk yang akan Anda beli. Jika memang rumah Anda dekat dengan tokonya, maka cara yang kedua ini sangatlah disarankan.

Jika mengunjungi langsung tokonya, Anda berkesempatan untuk melihat secara langsung bagaimana proses pembuatannya. Tentu saja hal tersebut sangat menarik dan menyenangkan, bukan?

Minta Rekomendasi Teman

Tips selanjutnya yang bisa Anda lakukan agar mendapatkan pengrajin tembaga yang berpengalaman adalah dengan meminta rekomendasi teman. Nah, cobalah untuk bertanya pada rekan-rekan atau kerabat kemudian lakukan survei terhadap tempat-tempat yang direkomendasikan oleh teman Anda tersebut.

Untuk melakukan survei sangatlah mudah, cukup kunjungi websitenya dan lihat produk yang ditawarkan. Semakin bervariasi model yang ditawarkan, maka semakin bagus pula pengrajin tembaga tersebut.

Demikian sedikit ulasan tentang sejarah singkat kerajinan tembaga di Boyolali beserta tips menemukan pengrajin yang berpengalaman. Ingat! Jika Anda tidak ingin salah pilih pengrajin, pastikan untuk menerapkan beberapa tips di atas. Semoga informasi di atas bermanfaat dan membantu Anda menemukan pengrajin tembaga yang tepat dan sesuai dengan keinginan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *