Motivasi Untuk Sukses, Berikut 4 Pepatah Sunda yang Kamu Wajib Tahu

 

Indonesia terdiri atas beberapa suku yang menghasilkan berbagai budaya dan kebiasaan cukup beragam. Salah satu suku di Indonesia adalah Sunda yang masih kental dengan budaya dan adatnya, seperti pepatah. Banyak pepatah zaman dulu kala yang masih dipegang teguh hingga saat ini sebagai pedoman hidup hingga meraih kesuksesan. Beberapa contoh pepatah sunda yang kamu wajib tahu untuk motivasi hidup. Yuk intip beberapa pepatahnya di bawah ini!

Pepatah Zaman Baheula yang Cocok untuk Generasi Milenial

  1. Kudu Silih Asih, Silih Asah, Jeung Silih Asuh

Makna yang dapat disimpulkan adalah sebagai manusia harus saling mengingat, mengasihi, dan membimbing. Prinsip hidup orang sunda yang paling mendasar satu ini membuat mereka dapat bergaul di masyarakat dengan mudah. Pesan ini sering disampaikan kepada anak anak agar dapat mudah bergaul dengan teman atau orang yang lebih tua. Efek yang ditimbulkan bukan hanya banyak teman, tetapi juga dapat bekerja sama dalam tim dengan baik.

  1. Kubu Bisa Kabulu Kabale

Pesan yang tersimpan di dalamnya ialah kemana saja harus bisa menyesuaikan diri. Prinsip satu ini juga sangat penting, sehingga salah satu pepatah sunda ini harus dipegang teguh. Manusia hidup bermasyarakat dan tidak selamanya berada di lingkungan yang sama. Ada kalanya anda harus terjun ke lingkungan baru, sehingga harus mudah menyesuaikan diri dengan kebiasaan mereka. Kemampuan ini sangat penting agar dapat relasi lebih luas atau jenjang karier yang lebih tinggi.

  1. Kalakuan Keok Memeh Dipacok

Prinsip satu ini yang tidak boleh dilupakan, yaitu jangan kalah sebelum berperang. Setiap orang harus berani menghadapi tantangan dan berusaha menyelesaikannya dengan baik. Tidak ada orang sukses yang tidak didahului dengan kegagalan, sehingga jangan pernah takut mencoba. Penting untuk menyiapkan amunisi sebelum berperang agar dapat melampaui tantangan di depan mata. Dengan begitu, anda dapat meraih kesuksesan di masa depan.

  1. Sacagreud Pageuh Sagolek Pangkek

Manusia harus berpegah teguh pada prinsip komitmen, menepati janji, dan konsisten agar jadi pribadi yang dapat diandalkan. Tidak hanya dalam dunia pekerjaan, setiap orang membutuhkan pepatah sunda ini dalam hidup. Jika anda menjadi pribadi yang tidak menepati janji, akan sulit mendapat kepercayaan dari orang lain. Ketiga prinsip tersebut menjadi kunci sukses dalam berkarier, usaha, ataupun relasi karena orang yang konsisten tidak akan mengecewakan orang lain.

Suku yang beragam di Indonesia menghasilkan berbagai adat dan kebudayaan, tetapi tetap harus dilestarikan. Salah satunya suku Sunda yang memiliki berbagai adat, prinsip hidup, dan budaya unik. Terdapat beberapa prinsip hidup yang dikemas dalam pepatah zaman dulu dengan makna cukup dalam. Bahkan makna yang dikandungnya sangat dapat memotivasi anda menjadi pribadi lebih baik, serta meraih kesuksesan dalam hidup. Bukan begitu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *