Cara Menjaga Kebersihan Makanan Agar Terhindar Dari Jamur

Kesehatan merupakan hal yang paling mahal harganya. Karena dengan kita sehat, kita bisa melakukan aktivitas seperti biasanya. Kesehatan kita perlu dijaga agar terhindar dari berbagai macam penyakit. Caranya adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat dan menjaga kebersihan. Hal pertama yang perlu untuk diterapkan agar kita tetap sehat adalah menjaga kebersihan makanan yang masuk kedalam tubuh.

 

Makanan yang masuk kedalam tubuh seharusnya sudah bersih dan tidak ada kandungan zat berbahaya. Makanan yang higienis adalah termasuk makanan yang sudah bersih dari segala unsur zat berbahaya dan bakteri yang bisa membuat kita sakit. Untuk tahu cara menja kebersihan makanan kita, kita bisa melakukan hal-hal berikut ini.

Cuci tangan sebelum makan

Tangan merupakan alat kita untuk melakukan aktivitas, dan dari tangan pula banyak sekali sumber-sumber bakteri atau kuman yang bisa masuk kedalam tubuh kita melalui makanan. Untuk menghindari hal tersebut ada baiknya kita apabila ingin memakan sesuatu kita harus mencuci tangan kita terlebih dahulu terutama mencuci tangan menggunakan sabun, agar lebih bersih dan higienis.

Cuci buah dan sayuran dengan bersih

Sebelum kita memasak atau memakan buah ada baiknya kita harus mencuci sayuran atau buah tersebut terlebih dahulu. Kita bisa mencuci buah dan sayuran dengan menggunakan air yang mengalir sehingga kotoran yang menempel akan langsung mengalir jatuh bersama air. Atau kita juga bisa menggunakan sabun yang dikhususkan untuk mencuci buah dan sayur agar lebih bersih.

pixabay.com

Memasak makanan dengan suhu yang tepat

Apabila kita akan memasak makanan, kita harus tahu pada suhu berapa makanan tersebut bisa matang dan sudah tidak ada lagi virus atau bakteri didalamnya. Seperti kita akan memasak daging, tentu kita harus memasaknya pada suhu yang panas dan juga memasaknya hingga matang agar semua virus atau bakteri yang masih ada bisa mati.

Memisahkan makanan

Maksud dari memisahkan makanan adalah kita harus tahu makanan yang mudah tercemar kuman dan makanan yang tidak mudah tercemar kuman. Semisalkan kita akan memasak dagingĀ  sebisa mungkin papan potong yang di gunakan untuk memetong daging dipisahkan atau jangan digunakan untuk memotong bahan makanan lain, sebeb daging adalah salah satu makanan yang mudah tercemar kuman atau virus.

Simpan makanan di dalam kulkas

Apabila kita sudah memasak dan ada sisa dari bahan makanan yang belum digunakan, ada baiknya kita menaruhnya didalam kulkas, karena dengan dimasukan di dalam kulkas bahan makanan tidak mudah membusuk dan tidak mudah dicemari bakteri dari udara luar. Sedangkan apabila akan memasukan makanan yang tadi kita masak kita bisa memisahkan makanan tersebut, bila makanan tersebut mudah rusak, makanan siap saji, atau makanan sisa dari meja makan kita bisa membekukannya agar terhindar dari bakteri yang berbahaya.

Buang makanan yang sudah basi

Kita bisa membuang makanan yang ada didalam kulkas atau makanan di meja makan bila makanan tersebut sudah menimbulkan bau yang tidak sedap atau sudah melewati tanggal kadaluarsa, karena bisa dipastikan bahwa makanan tersebut sudah tidak layak lagi untuk dikonsumsi.

pixabay.com

Menghindari kegiatan yang kotor

Apabila kita akan melakukan kegiatan yang dirasa cukup kotor, ada baiknya kita menggunakan sarung tangan karet pada saat melakukan aktifitas tersebut, dengan menggunakan sarung tangan maka kuman atau virus yang tersebar di kegiatan kotor itu tidak mudah menempel di tangan. Seperti dijelaskan diatas bahwa telapak tangan merupakan tempat yang mudah ditempeli oleh kuman dan bakteri.

 

Kita sudah mengetahui bagai mana cari kita agar bisa menjaga makanan kita tetap bersih dan juga bisa dimakan, kemudian apabila kita setelah melakukan aktifitas bersih-bersih apalagi membersihkan kamar mandi atau toilet, jika menemukan benda atau sesuatu yang menempel pada lantai atau dinding kamar mandi yang berwarna merah muda, segera bersihkan benda tersebut karena itu merupakan jamur yang berbahaya, jamur tersebut biasanya disebut pink mold.

 

Lalu apa bahaya dari jamur tersebut, bahayanya adalah serbuk jamur pada saat kita membersihkannya akan menempel pada tangan kita, sehingga apabila setelah kita membersihkannya, langsung cuci tangan kita dengan menggunakan sabun sampai bersih agar serbuk jamur tadi hilang, dan kita bisa memakan makanan kita dengan tangan yang sudah bersih.

pixabay.com

Memang kebersihan dari makanan yang kita makan adalah bagaimana kita bisa mengolah dan memastikan agar makanan tersebut sudah bersih, namun tidak itu saja karena lingkungan juga bisa mempengaruhi kualitas dari makanan kita, seperti lingkungan yang kotor akan banyak sekali lalat yang hinggap dan membawa banyak penyakit, sedangkan lingkungan yang bersih akan membuat makanan kita tetap memiliki kualitas yang bisa kita makan.

 

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan agar kita bisa menjaga makanan kita terjaga kebersihannya. Karena kesehatan kita terjaga tergantung dari apa yang masuk kedalam tubuh, makan yang bersih dan sehat merupakan faktor utama dalam menjaga tubuh kita dari berbagai serangan penyakit. Tentu saja semua itu bisa dilakukan apabila kita sudah bisa menyadari akan kebersihan diri kita dan lingkungan kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *