Mengenal Lebih Dekat Tentang Kucing Persia Yang Menjadi Idola Semua Kalangan!

Kucing Persia memiliki penggemar yang sangat luas. Meskipun calon pemeliharanya harus mengeluarkan biaya besar, tetap saja seseorang masih berminat untuk mengadopsinya. Namun tahukah Anda asal usul tentang kucing tersebut?

Sebagian besar masyarakat lebih tertarik untuk memelihara kucing ketimbang hewan lainnya. Selain bisa diajak bermain, kucing juga bisa menunjukkan kedekatan emosional antara pemilik dan kucing itu sendiri. Salah satu jenis yang dipilih adalah jenis Persia.

Bagi Anda yang tertarik memelihara kucing, jenis ini sangat recommended. Tetapi sebelum memutuskan untuk memeliharanya, ada fakta unik yang perlu Anda ketahui tentang kucing Persia ini.

Asal Usul Kucing Persia Dan Penyebarannya

Tercatat bahwa kucing ini berasal dari Persia. Di kawasan tersebut, orang menyebutnya dengan Longhair Cat. Pasalnya, jenis ini memiliki bulu yang begitu panjang dan tebal.

Panjang bulunya bisa mencapai 5-15 cm. Bulu panjangnya ini bisa dilihat dari seluruh bagian tubuhnya. Menariknya, bulunya begitu lembut sehingga cukup nyaman bila disentuh.

Namun harus dipahami bahwa tidak semua jenis kucing ini memiliki bulu yang panjang. Nyatanya, ada satu kucing ras Persia yang bulunya lebih pendek. Orang-orang menyebutnya dengan exotic Short Hair.

Apapun itu, kucing ini diklaim habitat aslinya di Persia. Ciri khasnya terlihat pada bulunya yang lebat. Tampilannya lebih gembul sehingga tampak lebih menggemaskan. Kaki-kakinya pendek tapi kokoh untuk menopang tubuhnya yang gemuk.

Kemudian untuk permukaan wajahnya terlihat datar. Bahkan untuk hidungnya terlihat lebih pesek. Inilah yang menjadikannya tampak begitu unik.

Mengenai penyebarannya, kucing Persia ini dulunya dibawa oleh orang Italia bernama Piere. Sejak di bawa ke Italia, mayoritas pecinta kucing menerimanya dengan senang hati. Bahkan banyak sekali pecinta kucing yang memang tertarik untuk memeliharanya.

Setelah itu, kucing ini juga diperkenalkan oleh orang Perancis. Sampai akhirnya, kucing ini diperkenalkan sampai ke berbagai belahan dunia. Termasuk dibawa masuk ke Indonesia.

Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Kucing Persia

Tampilan yang menggemaskan membuat kucing ini begitu diminati oleh cat lovers. Jika Anda ingin memeliharanya, Anda perlu memahami beberapa fakta unik dari kucing Persia ini.

  1. Terlihat Malas Tapi Cerdik

Hampir sebagian orang menyadari bahwa hewan peliharaan ini terlihat tidak begitu aktif. Kebanyakan aktifitasnya dihabiskan untuk tidur. Bahkan, kucing ini menghabiskan 2/3 aktifitasnya untuk istirahat.

Kucing ini juga suka dimanja oleh pemiliknya. Biasanya, kucing tersebut suka dibelai dan suka berada di pangkuan pemiliknya.

Namun begitu, jangan pernah anggap kalau hewan peliharaan ini memiliki nilai minus. Kenyataannya, hewan ini cukup cerdik. Hewan ini sangat pintar, mudah dilatih oleh pemiliknya.

  1. Harga Jualnya Tinggi

Bicara mengenai harga, kucing ini tidak seperti jenis lainnya. Harganya sangat mahal. Bahkan nilainya bisa mencapai puluhan juta rupiah meskipun baru berusia 2-3 bulanan.

  1. Jenisnya Banyak

Perlu digarisbawahi bahwa kucing ini memiliki banyak jenis. Anda tidak bisa mengklaim bahwa hanya satu jenisnya. Karena kenyataannya, kucing ini mulai tersebar di berbagai penjuru.

Artinya, kemungkinan perkawinan silang dilakukan oleh pemiliknya. Dan benar saja, banyak sekali metode kawin silang yang dilakukan seseorang untuk mendapatkan jenis kucing yang berbeda.

Dari hasil persilangan ini, muncullah jenis baru yang memiliki penampilan lebih unik. Bahkan untuk warnanya sendiri, kucing ini bisa dikenali dengan pasti. Makanya, tidak mengherankan bila harga jualnya akan bervariasi sesuai jenisnya.

  1. Perlu Perawatan Khusus

Anda tidak dibenarkan jika membiarkan kucing tersebut. Jika sudah berniat untuk memeliharanya, Anda wajib memperhatikan bagaimana cara merawatnya dengan baik.

Perlu diingat bahwa kucing ini sangat rentan dengan penyakit. Ketika kandangnya tidak sering dibersihkan, resikonya akan muncul penyakit. Penyakit ini bisa membuat kucing stress, kehilangan nafsu makan dan mati.

Begitu pula jika Anda kurang jeli dalam melakukan perawatan pada bulunya. Bulunya bisa membuat kucing terkena masalah lantaran saking lebatnya.

Lebatnya bulu memungkinkan kotoran ataupun kutu menempel dengan mudahnya. Jika ini dibiarkan, kucing tersebut akan mengalami masalah.

Menyadari akan hal ini, wajib bagi Anda untuk melakukan perawatan ekstra. Misalnya dengan rutin membersihkan kandang, memberikan pakan yang terjadwal, membersihkan bulunya, memandikan serta memberikan vaksin. Kesemuanya butuh biaya yang tak sedikit.

Terlepas dari bagaimana proses perawatannya, kucing ini memang lebih spesial. Tubuhnya yang tambun dan terlihat manja membuat pemiliknya begitu menyukainya. Dan inilah alasan kenapa banyak orang yang tertarik untuk memelihara kucing Persia ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *