Mengenal Tentang Anatomi Ginjal dan Proses Penyaringan Darah Didalamnya

Ginjal menjadi salah satu organ penting dalam tubuh yang memiliki fungsi utama sebagai penyaring darah. Kita ketahui bersama kalau setiap orang memiliki sepasang ginjal di dalam tubuhnya. Untuk mengetahui lebih dalam tentang anatomi ginjal maka silahkan simak penjelasan ini sampai selesai.

Organ ginjal ini terletak pada dinding otot posterior (otot bagian belakang) rongga perut. Organ ginjal ini memiliki bentuk seperti kacang yang besarnya sekitar kepalan tangan manusia. Untuk menjalankan fungsinya dengan baik ginjal ini sudah dilengkapi sepasang ureter yaitu sebuah kandung kemih dan uretra yang bertugas untuk membawa urine keluar tubuh.

Sepasang ginjal manusia ini yang bagian kiri letaknya ada disebelah kiri lebih tinggi dibandingkan dengan ginjal sisi kanan. Mengingat ada organ hati yang letaknya mendesak ginjal di sebelah kanan. Organ ginjal ini juga dilindungi oleh tulang rusuk dan otot punggung. Selain itu ada jaringan lemak atau adiposa yang juga melindungi ginjal dan sebagai bantalan ginjal.

Secara umum anatomi ginjal terbagi menjadi tiga bagian penting yaitu korteks, medulla dan pelvis. Berikut ini penjelasannya :

  1. Korteks

korteks ini merupakan bagian paling luar pada ginjal. Pada bagian tepi korteks ini terdapat kapsul yang mengelilingi ginjal. Kemudian ada jaringan lemak yang berfungsi untuk melindungi bagian dalam ginjal.

  1. Medulla

Medulla merupakan sebuah jaringan halus yang ada dalam ginjal. Di dalam medulla terdapat lengkung henle dan piramida, sebuah struktur kecil yang terdapat tubulus dan nefron. Tubulus ini yang nantinya akan mengangkut cairan ke ginjal.

  1. Pelvis

Pelvis ginjal merupakan sebuah ruang yang berbentuk corong pada baguan dalam ginjal. Pelvis ini sendiri berfungsi sebagai jalur cairan untuk menuju kandung kemih.

Kemudian setelah mengenal bagian utama pada ginjal selanjutnya adalah mengenai proses penyaringan darah pada ginjal. Nefron merupakan bagian ginjal yang memiliki fungsi untuk menyaring darah. Disini nefron akan mengambil darah, mengambil nutrisi dan mengedarkan produk limbah dari hasil penyaringan.

Demikianlah sedikit penjelasan tentang bagian utama pada organ ginjal. Semoga dengan adanya penjelasan ini bisa menambah pengetahuan anda tentang organ ginjal. Tetap menjalankan pola hidup sehat agar organ ginjal anda bisa bekerja secara maksimal.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *