Mengenal Kadal Panana, Si Kadal Unik Dengan Lidah Biru

Pernahkah Anda mendengar nama kadal panana? Kadal ini merupakan salah satu jenis kadal yang unik dengan lidahnya yang berwarna biru. Oleh sebab itu, jenis kadal ini juga disebut blue tongue skink atau kadal lidah biru. Karena keunikannya ini, tidak sedikit orang yang menjadikannya hewan peliharaan. Spesies kadal lidah biru ini sendiri dapat ditemukan dengan mudah di daratan Papua dan Australia.

Kadal ini memiliki panjang mencapai sekitar 30–50 cm, dengan tubuh berwarna coklat bergaris kehitaman yang terbentuk melingkari bagian punggung. Kadal lidah biru ini mempunyai bentuk tubuh yang agak pipih dan panjang serta memiliki 4 tungkai dengan 5 jari yang kecil dan tidak berselaput. Ciri utama yang dimiliki kadal ini terletak pada warna lidahnya yang khas, yakni berwarna biru.

Lidah kadal ini yang berwarna biru seringkali dianggap memiliki racun, tetapi faktanya kadal ini tidaklah beracun ataupun berbisa. Sementara untuk mempertahankan diri dari musuhnya, kadal ini biasanya akan membuka mulut lebar-lebar atau bahkan menggigit. Di habitat aslinya, kadal lidah biru ini biasanya memakan serangga dan mamalia kecil serta buah-buahan yang jatuh dari pohon.

Dengan keunikan yang dimiliki, kadal panana kerap dicari untuk dipelihara, apalagi cara merawatnya juga dinilai mudah. Bahkan di pasaran, kadal ini dipasang dengan harga berkisar ratusan ribu per ekornya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *