Jangan Salah Pilih! Ini Manfaat kurma ajwa asli Untuk Kesehatan

Apakah kamu suka kurma?banyak banget yang suka buah ini, dari semua kalangan. Dari anak anak, hingga orang tua. Hal ini lantaran rasanya manis, meski ada juga yang tidak terlalu manis.

Kurma biasanya dikonsumsi saat bulan ramadhan ketika mengawali berbuka puasa atau sering juga dijadikan oleh oleh dari tanah suci Mekah. Menurut berbagai sumber, buah kurma sudah dikonsumsi sejak ribuan tahun lalu, sekitar 8.000 tahun yang lalu di Afrika Utara dan Timur Tengah.

Ada banyak jenis kurma, mana yang jadi favorit kamu?pasti juga suka jenis ajwa atau biasa juga disebut kurma nabi. Kenapa disebut kurma nabi? hal ini lantaran kurma ajwa menjadi salah satu favorit Muhammad SAW.

Kurma ini memiliki tekstur daging buah lembut dan kalau dikeringkan akan berwarna hitam pekat dan rasanya meleleh dimulut. Dibanding beberapa jenis kurma lainya, kurma ajwa rasanya tidak terlalu manis. Kurma ajwa dibudidaya di Madinah, Saudi Arabia dan termasuk jenis kurma yang paling banyak diminati.

Dikisahkan, Nabi Muhammad SAW  menganjurkan agar mengonsumsi kurma ini beberapa butir setiap pagi lantaran memiliki banyak manfaat. Apa saja manfaat kurma ajwa?

Kandungan dan Manfaat Kurma Ajwa

pixabay.com

Ada banyak kandungan manfaat didalam kurma ajwa yang baik untuk tubuh. Antara lain, mengandung vitamin A, B6, C, E, dan K, serta mengandung protein, lemak baik dan kabrohidrat.

Selain itu, juga mengandung berbagai mineral seperti potasium, kalsium, fosfor, magnesium, zat besi, sodium, mangan, xink, selenium dan tembaga. Dalam kacamata sains, kurma ajwa juga memiliki banyak manfaat, yakni :

1. Membantu Menurunkan tensi darah

Manfaat kurma ajwa yang pertama, ternyata bisa menurunkan tekanan atau tensi darah. Ini lantaran  banyak kandungan magnesium didalam buah kurma ajwa.

2. Bermanfaat Untuk Kesehatan otak

Kurma ajwa juga bermanfaat untuk membantu kesehatan otak lantaran mengandung vitamin B6. Menurut sebuah penelitian, vitamin B6 memang terbukit membantu meningkatkan kesehatan otak. Jadi, jangan ragu mengonsumsinya.

3. Menguatkan Tulang dan Atasi Rasa Sakit

Di dalam kurma ajwa terkandung berbagai mineral yang dapat membantu mengatasi rasa sakit akibat osteoporosis dan juga membantu menguatkan tulang.

4. Membantu Kelancaran sistem pencernaan dan Kesehatan Jantung

Mengonsumsi kurma ajwa, dapat membersihkan sistem pencernaan, sehingga usus besar bekerja dengan baik. Ini karena kurma ajwa memiliki kandungan serat yang baik untuk pencernaan.

5. Manfaat Lain

pexels.com

Selain manfaat diatas, kurma ajwa juga memiliki manfaat lainya, yaitu menyehatkan jantung, membantu melancarkan proses persalinan, baik untuk kesehatan saraf. Selain itu, kurma ajwa juga baik untuk penderita anemia.

Mengenali kurma ajwa asli dan Palsu

Sangking populernya kurma ajwa ini, ada banyak kurma ajwa palsu beredar. Ada yang dicampur dengan jenis kurma lain agar pembeli terkecoh. Sebagian orang mungkin sudah paham mana kurma ajwa asli dan mana yang palsu. Namum tidak semua orang mengetahuinya, sehingga perlu hati hati sebelum membeli.

Kurma ajwa asli pastinya lebih baik, baik dari tekstur, rasa maupun kandungan manfaat yang ada didalamnya. Sebelum membeli, sebaiknya ketahui lebih dulu kurma ajwa asli dan yang palsu. Simak selengkapnya cara membedakan kurma ajwa asli dan palsu berikut ini.

Cara Membedakan Kurma Ajwa Asli dan Kurma Ajwa Palsu

 

1. Warna

Cara membedakan kurma ajwa asli dengan kurma ajwa palsu yang pertama, kamu bisa cek warnanya. Kurma ajwa asli warnanya hitam sangat pekat. Warnanya jauh lebih pekat ketimbang warna kurma biasa yang berwarna coklat dan coklat tua. Namun, ada juga kurma ajwa yang berwarna merah. Kamu harus jeli membedakanya biar tidak salah beli,. Karena dipasaran bisa saja kurma ajwa dicampur dengan kurma biasa.

2. Tekstur

Cara membedakan kurma ajwa asli dengan yang palsu selanjutnya, kamu bisa perhatikan teksturnya. Dari teksturnya, kurma ajwa dan kurma asli juga berbeda. Jika pada kurma asli tidak terdapat kerutan pada kulitnya alias polos, maka kurma ajwa memiliki banyak kerutan di kulit luarnya, kerutan kulit ajwa lebih kecil. Jadi belilah kurma yang terdapat banyak kerutan.

3. Harga

Cara membedakan kurma ajwa asli dan kurma ajwa yang ketiga, perhatikan harganya. Kurma ajwa asli biasanya dibanderol dengan harga lebih mahal dari berbagai macam kurma lain.

Maka, selalu cek harga sebelum membeli. Jangan langsung tergiur ketika ada yang jual kurma ajwa dengan harga murah. Bisa saja merupakan kurma ajwa palsu, alih alih memberi potongan harga.

4. Rasa

Cara mengetahui kurma ajwa yang asli dan palsu yang keempat, perhatikan rasanya. Kurma ajwa memiliki rasa agak berbeda dengan beberapa jenis kurma lain yang rasanya lebih manis. Jadi sebelum membeli, coba dulu rasanya. Kalau rasanya terlalu manis, pasti bukan kurma ajwa asli.

Nah itulah manfaat kurma ajwa alias kurma nabi. Ternyata kurma ajwa memiliki banyak kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan. Kalau kamu ingin membelinya, sebaiknya kenali periksa lebih dulu, baik dari tekstur, harga, warna maupun rasa. Jangan buru buru langsung beli, karena banyak kurma ajwa palsu dan kurma campuran yang beredar dipasaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *