Keutamaan Sholat Dhuha Yang Harus Diketahui

Bagi yang beragama islam, menunaikan ibadah sholat merupakan hal yang wajib hukumnya terutama sholat lima waktu yang telah di tetapkan yakni sholat subuh pada pagi hari, dhuhur pada siang hari, ashar pada sore hari, maghrib pada waktu petang dan isya pada malam hari.

Namun selain sholat wajib lima waktu, ada juga sholat sunah yang jika di kerjakan maka anda akan mendapat pahala yang berlimpah serta banyak doa yang di ijabah oleh Allah SWT seperti contohnya sholat dhuha yang di kerjakan pada waktu pagi menjelang siang yang merupakan sholat sunah yang dapat berguna untuk memperlancar pintu rejeki anda.

Meskipun sholat dhuha bukan merupakan sholat wajib namun sholat dhuha juga memiliki banyak keutamaan yang sangat berlimpah dan anda akan merugi jika melewatkan sholat dhuha ini, banyak keutamaan sholat dhuha yang akan anda dapatkan diantaranya sebagai berikut.

Sebagai salah satu pembuka Pintu Rejeki

Shalat dhuha yang di laksanakan di antara pagi hari hingga siang hari dapat membuka pintu rejeki yang seluas-luasnya sehingga rejeki akan mengalir dalam kehidupan kita terutama dalam mengiringi aktifitas serta perkerjaan kita sehari-hari.

Dengan sholat dhuha, kita dapat memohon kepada Allah SWT untuk menurunkan rejeki yang masih ada di langit, mengeluarkan rejeki masih terpendam di bumi, memberikan rejeki yang masih berupa rejeki yang haram agar menjadi rejeki yang halal, mempermudah rejeki yang sulit untuk di dapatkan dan mendekatkan rejeki yang harusnya kita dapatkan namun masih berada di tempat yang jauh.

Semua akan mungkin bagi Allah SWT untuk mengabulkan semua permhonan kita selama kita berdoa dan memohon kepadanya serta beribadah dan menjalankan semua kewajiban dan perintah-Nya serta menjauhi Larangan-Nya.

Jika kita akan berdoa maka sebaiknya memanjatkan puji-pujian kepada Allah SWT terlebih dahulu agar Allah SWT mengabulkan doa kita dan Allah SWT akan mengabulkannya dengan penuh berkah. Namun doa tanpa usaha juga tidak di anjurkan, karena sejatinya manusia hidup di bekali dengan akal dan pikiran serta tubuh yang sehat dan kuat agar dapat berusaha atau bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Maka dari itu, berusaha dan bekerjalah sebaik mungkin kemudian di iringi dengan doa-doa kepada Allah SWT termasuk doa dalam sholat dhuha setelah itu pasrahkan semuanya kepada Allah SWT. Rejeki itu tidak hanya berbentuk uang seperti kesehaan, keluarga yang baik, oleh karena itu selalu syukuri setiap rejeki yang di berikan Allah SWT kepada kita.

unsplash.com

Waktu paling di ijabah untuk memanjatkan doa

Selanjutnya keutamaan sholat dhuha lainnya adalah waktunya yang sangat di anjurkan untuk berdoa karena waktu sholat dhuha merupakan waktu yang di ijabah oleh Allah SWT untuk berdoa, ketika waktu sholat dhuha malaikat akan turun ke bumi untuk menyaksikan kaum mukmin sholat dan berdoa.

Disamping menyaksikan kaum mukmin sholat dan berdoa, para malaikat juga ikut memanjatkan doa kita agar doa-doa kita di ijabah oleh Allah SWT.

Sehingga kemungkinan besar semua doa kita akan terkabul pada saat waktu sholat dhuha ini seperti berdoa meminta rejeki yang halal, di limpahkan rejeki yang berkah, doa minta kesehatan, minta kesejahteraan keluarga, doa minta jodoh dan doa lainnya.

Oleh karena itu jika anda memiliki waktu luang pada waktu pagi hingga siang hari maka alangkah baiknya di anjurkan untuk menunaikan ibadah sholat sunah dhuha dan membaca doa setelah sholat dhuha, memohon ampun serta berdoa meminta kepada Allah SWT agar segala urusan di perlancar dan di lancarkan rejekinya.

unsplash.com

Akan di lipat gandakan pahalanya bagi mereka yang menunaikan sholat dhuha

Keutamaan lain dari sholat dhuha ialah kita akan mendapatkan pahala yang berlipat-lipat dan pahala yang kita dapatkan bisa langsung kita rasakan di dunia seperti misalnya rejeki jadi tambah lancar, kesehatan yang selalu terjaga, keluarga yang sejahtera dan baik-baik saja ataupun mendapatkan ketentraman batin dalam menjalani kehidupan dan aktifitas sehari-hari meskipun ada beberapa hal ujian ataupun tantangan yang tak sesuai dengan apa yang kita inginkan.

Selain pahalanya bisa di rasakan langsung di dunia, pahala menunaikan ibadah sholat sunah dhuha juga dapat di rasakan ketika kita berada di akhirat nanti.

Bagi kalian yang sering melakukan sholat dhuha di dunia secara rutin dan istiqamah maka Allah SWT akan menjajikan masuk surga dengan catatan selama hidup kita melakukan perbuatan baik, tidak melanggar agama dan selalu melakukan kewajiban-kewajiban yang di perintahkan oleh Allah SWT dan selalu hidup sesuai akidah islam yang baik dan benar.

Maka dari itu, perbanyaklah menunaikan sholat sunah dhuha agar mendapatkan pahala yang melimpah sehingga hidupnya di berkahi oleh Allah SWT.

Demikianlah beberapa keutamaan sholat dhuha yang patut kita pahami agar kita lebih termotivasi lagi untuk melakukan ibadah terutama dalam menunaikan sholat sunah dhuha ini, mungkin bagi kalian yang belum terbiasa menunaikan sholat dhuha pada awal-awal akan terasa berat namun jika sudah terbiasa maka anda akan rutin menjalankan sholat dhuha tanpa beban layaknya kita menunaikan sholat wajib 5 waktu.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *