Keutamaan Salat Berjamaah Bagi Muslim

Shalat merupakan salah satu rukun Islam, bahkan salat adalah rukun Islam yang paling pertama dan utama. Kewajiban setiap umat Islam di dunia ini yang pertama adalah salat. Salat lima waktu adalah hasil perundingan antara Rasulullah SAW di malam Isra’ Mi’raj dimana Rasul meminta keringanan salat dilakukan 5 waktu saja, alih-alih 50 kali dalam sehari. Sungguh, Allah Maha Pemurah.

Kalau sudah begitu, maka akan sangat berdosa hukumnya jika seorang Muslim meinggalkan salat. Dalam HR Muslim, Tirmidzi, Abu Dawud dan Ibnu Majah dijelaskan bahwa “Shalat adalah salah satu dari 6 rukun Islam dimana menjadi pembatas seorang apakah ia mukmin atau kafir”. Itulah mengapa Salat juga dijadikan penentu tentang diterima/ tidaknya amalan seseorang (HR Abu Dawud).

Hukum salat berjamaan adalah sunnah muakad bagi laki-laki. Bahkan wajib hukumnya menurut mazhab Maliki dan Hambali. Inilah mengapa seorang laki-laki harus senantiasa melangkahkan kakinya ke masjid di kala masuk waktu salat dan menunaikan salat jamaah disana.

 

Berikut ini adalah keutamaan-keutamaan alat berjamaah :

  1. Pahala dilipatkan menjadi 27 derajat.

Pahala salat berjamaah adalah salah satu pahala yang memiliki kualitas yang tinggi, yakni sebesar 27 derajat. Saking dianjurkannya, disebutkan bahwa seorang muslim yang menunaikan salat jamaah adalah bagaikan sekelompok domba yang sedang berkumpul secara kompak sehingga terhindar dari bahaya serigala penyerang.

Lain halnya dengan jamaah yang tidak menunaikan salat jamaah, akan terlihat seperti domba yang siap diterkam serigala pemangsa.

  1. Mengikuti Sunnah Rasul

Diriwayatkan dalam HR Muslim, Rasulllah pernah bersabda bahwasanya siapapun yang ingin bertemu dengan Allah di akhirat dalam kondisi menjadi seorang Muslim, maka hendaklah ia menunaikan shalat jamaah, karena shalat jamaah termasuk ke dalam salah satu sunnal huda, atau jalan-jalan petunjuk.

  1. Dilindungi di Hari Kiamat

Salah satu golongan manusia yang dilindungi Allah dari hisab di hari kiamat adalah golongan orang-orang dengan amal ibadah yang baik, salah satunya adalah umat Muslim yang rajin menunaikan ibadah shalat berjamaah di dalam masjid.

  1. Dilindungi dari Godaan Setan

Dala HR Abu Dawud dan an-Nasai, Rasulullah pernah bersabda mengenai setan yang akan menguasai kehidupan seseorang karena terdapat 3 orang Muslim memasuki waktu shalat namun tidak menunaikan ibadah shalat berjamaah. Oleh karena itu, agar terhindar dari godaan setan, tunaikanlah ibadah salat berjamaah.

Itulah beberapa keutamaan seorang Muslim jika menunaikan salat berjamaah di masjid. Sebagai umat Islam, apalagi yang kita harapkan dari sekedar Ridha Allah SWT dan menjadi golongan umat Rasulullah sebagai orang-orang yang dinantikan di hari akhir. Seluruh informasi seputar menjadi umat Muslim yang baik dapat Anda dapatkan dengan menagkses laman  hasana.id.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *