Berbagai Variasi Kartu Ucapan Terima Kasih dan Manfaatnya

kartu ucapan terima kasih masih menjadi budaya yang asing di Indonesia. Praktik seperti ini sudah lazim dilakukan di luar negeri, terutama negara-negara barat pada hari istimewa seperti perayaan keagamaan atau pesta. Sedangkan sebagai masyarakat Timur, orang Indonesia lebih memilih menyampaikan langsung rasa terima kasih mereka.

Manfaat Membuat dan Memberi Kartu Ucapan Terima Kasih

Padahal, tidak ada yang salah bila mengadaptasi kultur tersebut di Indonesia. Banyak sekali manfaat dari memberikan sebuah kartu ucapan terima kasih :

  • Bisa menyampaikan rasa terima kasih dengan lebih leluasa, khususnya bagi para introver yang tidak terlalu baik dalam percakapan verbal.
  • Memancing kreativitas individu dengan memikirkan desain kartu ucapan berikut isi tulisannya.
  • Penerima kartu ucapan merasa semakin dihargai melalui pemberian kartu ucapan terima kasih yang jelas menunjukkan kesungguhan pemilik pesan.
  • Dapat menjadi item kenangan antar pemberi dan penerima kartu ucapan.
pixabay.com

Variasi Kartu Ucapan Terima Kasih

Pada kesempatan apa saja kartu tersebut sebaiknya diberikan? Di Indonesia, ada beberapa kesempatan yang cocok untuk menjadi kesempatan dalam membagikan kartu ucapan terima kasih :

  • Kesempatan pertama adalah saat hari pernikahan. Kartu ucapan tersebut bisa disertakan bersama dengan suvenir yang dibagikan kepada para tamu undangan. Ucapan di dalamnya terkait rasa terima kasih telah datang pada acara sakral tersebut.
  • Kedua, kartu ucapan terima kasih saat mengadakan pesta ulang tahun. Jika memutuskan untuk menggelar pesta, khususnya bagi anak-anak, tidak ada salahnya menyertakan kartu berisi rasa terima kasih karena sudah bersedia meluangkan waktu untuk datang.
  • Mengingat guru merupakan pahlawan tanpa tanda jasa, wajar bila memberikan ucapan terima kasih kepada pada pendidik yang telah berjasa. Khususnya saat hendak lulus atau berpisah akibat kenaikan kelas di mana guru tersebut tidak mengajar.
  • Kartu untuk berterima kasih pada keluarga yang tidak pernah henti mendukung, khususnya seorang Ibu. Hari Ibu atau Hari Kartini merupakan momentum yang pas untuk memberikan kartu ucapan terima kasih pada Ibu.
  • Ucapan terima kasih pada pasangan juga menjadi populer selama beberapa waktu terakhir. Tepatnya pada acara istimewa seperti hari jadian atau peringatan pernikahan.

Memberikan kartu ucapan penuh terima kasih pada acara-acara seperti itu tidak akan membuat seseorang ditertawakan atau diolok berlebihan mengingat momentumnya tepat.

pixabay.com

Membuat Kartu Ucapan Sendiri atau Menggunakan Jasa Percetakan

Setelah menyadari manfaat dan event yang tepat untuk memberikan kartu ucapan terima kasih, kebimbangan lain menyangkut membuat sendiri kartu tersebut atau memercayakan pada percetakan. Tidak dapat dimungkiri, banyak orang yang akan memilih untuk membuat sendiri kartu semacam itu dengan berbagai pertimbangan. Utamanya soal budget.

Terlebih bagi yang berdomisili di ibukota Jakarta. Banyak masyarakat awam yang ragu menggunakan jasa percetakan Jakarta karena khawatir akan dikenakan tarif mahal. Secara teoritis, pemikiran tersebut tidaklah tepat :

  • Percetakan merupakan sebuah badan usaha, tentu mereka harus mendapatkan profit demi kelangsungan bisnis. Jadi wajar bila setiap layanan pada klien dikenakan biaya.
  • Tarif batas atas dan bawah dari setiap badan usaha sudah diatur oleh asosiasi sehingga tidak mungkin percetakan memberikan harga di luar nalar.
  • Mesin yang digunakan di percetakan mahal dan mengonsumsi listrik besar setiap kali penggunaan. Jadi, bila difungsikan untuk pesanan dalam jumlah besar, biaya listrik akan tercover, sedangkan pesanan skala kecil apalagi cetak satuan memang dikenakan tarif lebih besar. Tujuannya untuk menghindari kerugian.

Sederhananya, bila kartu ucapan yang diperlukan hanya dalam skala kecil, lebih baik didesain dan cetak sendiri. Tidak masalah bila menggunakan jasa desainer grafis maupun percetakan, tapi tentu harus siap mengeluarkan biaya cukup besar. Contohnya kartu rasa terima kasih pada keluarga, tenaga pengajar, dan pasangan.

Berbeda halnya dengan kebutuhan kartu ucapan terima kasih dalam partai besar. Khususnya untuk acara yang mengundang banyak tamu seperti resepsi pernikahan dan pesta ulang tahun. Memercayakan pembuatan kartu ucapan pada pihak percetakan akan membantu menghemat waktu, biaya dan tenaga pengampu hajat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *