Ingin Jualan Ikan Hias, Sudah Tahukah Ikan Hias Termahal Di Dunia?

Jualan ikan hias memang tampak sepele dan terkesan bisnis yang sangat sederhana. Tapi siapa mengira jika ada ikan hias yang harganya bisa menyentuh angka miliaran. Artinya bisnis ikah hias bukanlah bisnis sembarangan jika digarap dengan serius.

Di dunia ini ada beberapa ikan hias yang terbilang langka dan sulit ditemukan. Dan ikan hias jenis inilah yang di pasaran bisa dihargai hingga miliaran rupiah. Penasaran ikan hias apa saja yang memiliki harga diluar nalar? Dan seperti apa prospek bisnis ikan hias?

Prospek Bisnis Ikan Hias

Ikan hias selalu memiliki daya tarik tersendiri. Terlebih lagi untuk jenis ikan hias yang langka dan sulit ditemukan. Sekedar informasi, ikan hias pada dasarnya dibedakan menjadi dua jenis, ikan hias air tawar dan ikan hias air asin (laut).

Secara garis besar, memelihara ikah hias air asin bisa dikatakan lebih rumit. Artinya butuh cara khusus untuk memeliharanya. Namun terlepas dari itu semua, ternyata bisnis jualan ikan hias bisa mendatangkan profit yang sangat besar.

Ada cukup banyak jenis ikah hias yang populer dan banyak dicari di pasaran. Yang lebih mengejutkannya, ada beberapa yang dihargai sangat tinggi. Tidak tanggung-tanggung ada yang dibanderol dengan harga ratusan juta hingga miliaran.

Melihat fakta semacam ini, menjadikan ikan hias sebagai hobi yang mendatangkan uang patut untuk dipertimbangkan. Artinya selain mendapatkan kesenangan, pundi-pundi rupiah pun bisa Anda dapatkan.

Namun jika modal Anda pas-pasan, menjual ikan hias murah seperti cupang, guppy, mas koki, koi, arwana, lauhan, discus, aligator, neon tetra, black ghost, manfish, harimau sumatra, lemon, molly bisa menjadi pilihan yang tepat.

unsplash.com

Ikan Hias Langka Dan Super Mahal

Nah, berbicara mengenai ikan hias apa saja yang diharga dengan sangat mahal, berikut ini adalah lima jenis ikan hias yang dibanderol dengan harga di luar nalar.

  1. Arwana Platinum

Arwana Platinum disebut sebagai ikan hias paling mahal di dunia. Tidak tanggung-tanggung, harga ikan Arwana Platinum bisa mencapai Rp 5,5 milyar. Tidak hanya itu saja, Arwana Platinum umumnya memiliki chip khusus di dalam tubuhnya. Chip ini sengaja ditanam dengan maksud untuk membedakannya dengan ikan lainnya.

  1. Peppermint Angelfish

Ikan hias bernama Peppermint Angelfish ini bisa dikatakan sebagai ikan hias paling langka di dunia. Bahkan saking langkanya, ikan hias ini terakhir diperlihatkan ke khalayak umum pada tahun 2012.

Corak warnanya yang unik dan begitu sulitnya untuk mendapatkan, membuat harga Peppermint Angelfish ini menjadi sangat mahal. Ikan hias ini terakhir dibanderol dengan harga Rp 400 juta.

  1. Bladefin Basslet

Ikan hias berikutnya yang dihargai sangat mahal adalah Bladefin Basslet. Ikan hias ini dibanderol dengan harga Rp 135 juta. Uniknya ikan hias ini hanya berukuran 1,5 inci saja. Bayangkan saja ikan semungil itu memiliki harga yang begitu fantastis. Bladefin Basslet ini hanya bisa ditemukan di perairan sekitar Karibia.

  1. Golden Basslet

Ikan hias yang biasa ditemukan di perairan sekitar Pasifik dan Atlantik ini juga memiliki harga yang sangat mahal. Untuk bisa membawanya pulang, Anda harus mengeluarkan uang setidaknya Rp 110 juta.

  1. Neptune Grouper

Ikan hias yang umumnya hidup di laut yang dalam ini juga memiliki harga selangit. Satu ekor Naptune Grouper dibandrol sebesar Rp 80 juta. Yang unik dari ikan hias ini adalah coraknya yang cukup beragam. Bahkan coraknya bisa berbeda ketika masih mudah dan sudah dewasa. Naptune Grouper muda umumnya bercorak kekuningan dan orange. Kemudian setelah dewasa coraknya akan berubah menjadi kekuningan.

unsplash.com

Yang Anda Perlukan Dalam Bisnis

Coba bayangkan bagaimana ketika Anda memiliki koleksi lima ikan hias di atas. Berapa jumlah uang yang bisa Anda dapatkan hanya dari hasil jualan ikan hias. Jadi jangan pernah menganggap remeh bisnis ikan hias.

Setelah Anda mengenal jenis ikan hias paling mahal di dunia, kini saatnya memikirkan ide bisnis ikan hias yang akan Anda terapkan nanti. Semua pasti sepakat jika dalam menjalankan bisnis butuh berbagai keterampilan. Terutama untuk urusan pembukuan transaksi.

Sayangnya banyak yang malas mempelajarinya. Akhirnya yang terjadi adalah pembukuan bisnis dilakukan seadanya dan sepemahamannya saja. Jika memang seperti itu, kenapa tidak memanfatakan aplikasi penjualan saja?

Salah satu software penjualan yang kini banyak digunakan oleh bisnis dibidang retail seperti ini. Semua yang berkaitan dengan pembukuan bisa dengan mudah dihandel oleh aplikasi ini. Artinya dalam Anda akan semakin mudah menjalankan manajemen pengelolaan pada bisnis jualan ikan hias Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *