Berbagai Pilihan dan Harga Pipa AC Merk Hoda untuk Instalasi Terbaik

Sebelum membeli AC baru, pastikan Anda sudah memahami tentang apa-apa saja yang penting diperhitungkan. Salah satunya adalah pipa AC yang akan sangat mempengaruhi kinerja AC. Tanpa pemipaan yang optimal, besar kemungkinan AC mengalami masalah tak lama setelah terpasang.

Pipa AC bisa dikatakan sebagai komponen yang penting mengingat ia akan menjadi jalur mengalirnya bahan pendingin. Saat memilih pipa untuk AC, pastikan ukuran ketebalan yang digunakan sudah sesuai dengan spesifikasi AC.

Pentingnya Memilih Pipa AC Sesuai Spesifikasi AC

pixabay.com

Salah satu produk pipa AC yang layak dipertimbangkan adalah Hoda yang sudah cukup lama dikenal di pasaran. Harga pipa AC merk Hoda ini dikenal layak dengan kualitas yang dihadirkan. Tentu saja kualitas ini dinilai dari bahan dan ketebalan pipa yang akan menjamin keamanan penggunaan AC dan kemudahan saat instalasinya. Kualitasnya juga sudah sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI).

Inilah alasannya mengapa banyak teknisi AC yang merekomendasikan penggunaan pipa Hoda untuk instalasi. Mengingat pipa ini juga sesuai untuk penggunaan AC keluaran baru yang umumnya menggunakan freon R32 dan R410a. Seperti yang diketahui bahwa refrigerant generasi baru ini mampu digunakan pada tekanan tinggi dan kemudian dialrikan dalam pipa tembaga pada sistem AC.

Pipa AC merk Hoda dipasarkan dengan pilihan ketebalan mulai 0,5 mm sampai 0,6mm dimana angka ketebalan ini sesuai dengan standar minimal pipa AC di Indonesia. pipa ini biasanya dipilih oleh pengguna yang membutuhkan sistem pemipaan di ruang yang terbatas dalam jumlah cukup banyak. Misalnya penggunaan di bangunan seperti rumah tinggal, apartemen, toko maupun gedung yang membutuhkan banyak lekukan di dalamnya.

Pipa tembaga merk Hoda ini memang menawarkan ketebalan standar, namun tetap mudah untuk ditekuk sehingga tidak mudah rusak saat pemasangan. Dikarenakan pipa tembaga ini akan dialiri oleh zat bertekanan tinggi, maka sedikit saja kebocoran akan sangat berdampak pada performa AC dan tingkat efisiensi  yang diberikan.

Biasanya saat melakukan instalasi, pengguna juga perlu mempertimbangkan harga jual armaflex lembaran untuk melindungi pipanya.

Namun untuk pipa Hoda ini, sudah dilengkapi dengan busa yang ideal untuk mencegahnya dari kondensasi berlebih. Dengan busa pelindung yang  sudah termasuk, Anda tidak perlu lagi membeli lembaran armaflex secara terpisah.

Pilihan Produk Pipa AC Hoda untuk Berbagai Spesifikasi AC

pixabay.com

Berbagai kualitas di atas membuat pipa tembaga dari Hoda bisa dikatakan sebagai produk yang layak direkomendasikan. Dengan ketebalan, fleksibilitas dan lapisan pelindung tersebut, masa pemakaian pipa bisa menjadi lebih lama. Pada umumnya sistem pemipaan ini memerlukan pemeriksaan memasuki tahun ke-5.

Harga pipa AC merk Hoda akan sangat dipengaruhi oleh dimensi dan jenisnya. Setiap jenis pipa Hoda memiliki ukuran panjang yang berbeda pula yang kemudian mempengaruhi harga jualnya. Selain itu, harga jual ini juga akan sangat dipengaruhi oleh kebijakan penjual di area Anda. Berikut ini beberapa produk pipa Hoda yang ada dipasaran berdasarkan kapasitas PK;

Pipa untuk 1PK

Anda yang memiliki Ac dengan kapasitas 1PK, bisa menggunakan pipa ukuran 1/4″ +  3/8″ yang memiliki ukuran 30 meter. Pipa yang sering disebut dengan Hoda Copper 2330 ini dihargai sekitar Rp 50 ribu permeter.

Pipa untuk 2PK

Untuk AC yang memiliki kapasitas 2PK, maka pilihan pipa yang bisa digunakan adalah 1/4″ +  1/2″ serta 1/4 ” + 5/8″. Pipa AC dengan tipe 2515 ini juga memiliki panjang sekitar 30 meter dengan harga di kisaran yang juga di Rp 50 ribuan permeter.

Pipa untuk 3PK

Sementara untuk Anda yang menggunakan AC dengan kapasitas 3PK, maka ukuran pipa yang bisa digunakan yaitu 3/8″ + 5/8″ atau yang setara. Pipa di ukuran ini biasanya dipasarkan dengan panjang sekitar 20 meter. Harga jual pipa ukuran ini juga masih sama di kisaran Rp 50 ribuan permeternya.

Pipa untuk 4PK

Lain lagi jika Anda menggunakan AC 4PK, ukuran pipa yang bisa diterapkan untuk instalasinya yaitu 3/8″ + 3/4″. Pipa ini biasanya dijual dengan panjang sekitar 20 meteran masih dengan kisaran harga yang juga tak jauh berbeda dari pipa-pipa sebelumnya.

Pipa untuk 5PK

Berikutnya adalah untuk AC dengan kapasitas 5 PK yang dapat diakomodir oleh pipa dengan ukuran 1/2″ + 3/4″ atau yang setara. Dengan harga yang juga di kisaran Rp 50.000 permeter, pipa ini biasanya dijual dalam satuan panjang 30 meteran.

Pastikan Anda memilih pipa AC yang memiliki ketebalan yang dibutuhkan sesuai dengan spesifikasi AC yang digunakan. Memilih pipa yang tidak sesuai, atau terlalu tipis bisa sangat berisiko terhadap instalasi dan perangkat AC Anda. Pipa yang tidak sesuai dengan kapasitas AC akan lebih mudah mengalami kebocoran dan kerusakan lain yang pastinya tidak Anda inginkan.

Mengingat lokasi instalasi pipa ini bisa berada di tempat-tempat yang sulit, sebaiknya perhitungkan dengan matang terkait jumlah pipa dan jalur yang digunakan. Tentunya Anda tidak ingin terlalu banyak mengorbankan interior dan eksterior rumah bukan? Maka dari itu, Anda bisa berkonsultasi dengan teknisi dan layanan maintenance AC terkait pemipaan terbaik yang bisa dibuat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *