Fakta Tentang Kuda Zebra Yang Unik 

Sekilas mirip kuda. Hewan bertubuh hitam dan putih belang-belang ini memang masih satu famili dengan kuda. Zebra banyak ditemui di kawasan Afrika Selatan, Afrika Timur dan Afrika Barat. Terdapat tiga jenis zebra, yakni zebra dataran (equus quagga), zebra gunung ( equus zebra) dan zebra primitif (equus grevyi)

Meski kelihatan sama, nyatanya setiap belang pada zebra berbeda-beda. Fungsi belang-belang di tubuh zebra merupakan sistem bertahan untuk mengecoh dan membingungkan pemangsa, seperti halnya belang pada ular belang yang berguna untuk menyamarkan tubuh aslinya. Dibandingkan dengan kuda, zebra lebih liar.

Tempat Hidup

Zebra lazimnya hidup di padang rumput, baik dipadang rumput terbuka maupun di pinggiran hutan. Zebra equus hidup di kawasan afrika selatan, zebra burchell banyak dijumpai di Afrika timur sedangkan zebra grevy hidup di wilayah utara kenya.

Pola hidup mereka cenderung berkelompok, saling membantu menghadapi predator.

Komunikasi di antara mereka cukup unik lewat ekspresi wajah dan suara. Zebra hanya tidur ketika merasa aman berada dikelompoknya. Sama seperti kuda, zebra tidur sambil berdiri.

Hewan ini dapat berlari kencang layaknya kuda dengan kecepatan 56 KM/jam. Penglihatan dan pendengaran mereka juga sangat tajam. Zebra dapat mempertahankan diri dari serangan predator dengan tendangan sangat kuat yang bisa mencelakakan pemangsa yang hendak menyerangnya.

Makanan

Seperti kuda, satwa satu ini merupakan pemakan tumbuhan (herbivora). makanan utamanya rumput tapi juga pemakan dedaunan, kulit kayu dan  semak.

Reproduksi

Saat berumur lima tahun zebra jantan sudah siap kawin, sedangkan ketika umur tiga tahun zebra betinanya mulai siap kawin. Zebra betina melahirkan satu anak setiap 12 bulan sekali. Uniknya, bayi zebra dapat berjalan dan bahkan berlari sejam setelah dilahirkan. Selama satu tahun bayi zebra diasuh induknya dan saat bayi zebra baru dilahirkan akan berwarna coklat putih tidak seperti zebra dewasa yang berwarna hitam putih.

Nah itulah tadi fakta tentang kuda zebra. Bentuknya memang mirip, lantaran masih satu famili. Namun perbedaannya dengan kuda pada umumnya sangat mencolok, yakni warna zebra belang belah hitam putih. Uniknya, warna belang pada setiap zebra tidaklah sama, seperti pada sidik jari manusia yang berbeda beda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *