Ketahui Manfaat Edit Foto Untuk Bisnis

Foto menjadi salah satu elemen penting saat merintis bisnis maupun ketika mengembangkan usaha. Foto sendiri nantinya dibutuhkan untuk beberapa hal. Seperti mengisi website, membuat katalog, kartu nama, brosur, presentasi dan keperluan lainnya. Agar hasil foto bisa maksimal gunakan kamera yang memiliki spesifikasi tinggi dan dibantu dengan melakukan sedikit edit foto supaya hasil lebih sempurna.

Pekerjaan edit foto ini umumnya menggunakan software-software pengolahan foto seperti Adobe Photoshop dan Adobe Light room. Melakukan editing foto sangatlah penting bagi kemajuan bisnis yang ada. Jika selama ini Anda masih mengabaikan pentingnya mengedit foto, sebaiknya simak baik-baik alasan kenapa perlu foto editing.

Beberapa Manfaat Editing Foto

Kualitas Foto Mewakili Citra Perusahaan

Foto-foto yang digunakan berkaitan dengan urusan-urusan bisnis tentunya akan mewakili citra perusahaan. Misalnya saja foto-foto yang ditampilkan di website. Apa akibatnya jika foto-foto di website tampak buram, kurang jernih, warnanya tidak tajam, atau terlalu gelap? Tentu saja pengunjung website tidak akan terkesan. Akibatnya mereka urung menggunakan jasa atau membeli produk bisnis tersebut.

Khususnya bagi yang mempromosikan produk-produk secara online, sebaiknya tampilkan foto-foto produk dalam ukuran besar, jernih dan tajam. Di sini bisa menggunakan jasa fotografer profesional untuk mendapatkan foto-foto yang bagus.

Namun tetap saja proses editing foto harus dilakukan. Dalam hal ini, editing foto yang dibutuhkan selanjutnya antara lain menghilangkan latar belakang pada produk, menambahkan latar belakang warna putih, menambahkan logo bila diperlukan dan beberapa sentuhan editing lainnya.

Jika Anda memasarkan produk di marketplace, biasanya dianjurkan untuk menggunakan foto produk dengan latar belakang warna putih bersih. Tentu cukup menyita waktu bila memiliki banyak produk. Untuk keperluan seperti ini, Anda bisa memanfaatkan jasa edit foto yang bisa mengerjakannya dengan relatif lebih cepat.

pixabay.com

Memaksimalkan Hasil Foto

Kemajuan teknologi membuat siapa saja bisa mengambil foto kapan saja dan dimana saja. Sayangnya, beberapa hasil foto mungkin tidak sesuai harapan. Misalnya saja hasil foto miring karena terburu-buru atau adanya objek yang tak diinginkan dalam foto, karena sudut pengambilan foto yang kurang tepat.

Dengan bantuan aplikasi untuk edit foto, foto-foto tersebut bisa dipoles sehingga tampak lebih indah. Foto yang miring bisa diluruskan, objek yang tidak diinginkan dalam sebuah foto bisa dihilangkan dan beberapa efek foto juga bisa ditambahkan. Jika ingin hasil sempurna bisa juga memanfaatkan jasa edit foto yang sudah berpengalaman mengolah foto.

Membantu Branding Perusahaan

Jika berhubungan dengan bisnis, sebaiknya tidak mencomot gambar dari koleksi foto-foto free download yang tersedia di beberapa situs. Alangkah baiknya jika menggunakan  koleksi foto sendiri. Ada banyak keuntungan yang bisa dirasakan jika menggunakan foto sendiri.

Anda bisa mengatur adegan-adegan tertentu atau mengambil sudut-sudut foto khusus supaya pesan yang ingin disampaikan bisa terlihat pada foto tersebut. Foto yang dihasilkan pasti akan terlihat lebih profesional dan eksklusif.

Hasil foto yang baik memang sangat membantu jika disangkutkan dengan urusan bisnis. Untuk itu ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar foto bisa masuk kategori baik. Lebih jelasnya simak ulasannya berikut.

pixabay.com

Foto yang Baik Seperti Apa?

Warna

Sebuah foto yang berkualitas umumnya akan menampilkan warna-warna yang harmonis. Bagaimana dengan foto koleksi kalian? Apakah warna-warna pada foto terlihat selaras? Merubah warna pada foto bisa menghasilkan kesan yang unik pada gambar itu sendiri. Misalnya saja mengubah warna foto menjadi kebiruan, kekuningan ataupun hitam putih.

Pencahayaan

Lalu bagaimana dengan pencahayaan pada foto? Apakah foto tampak terlalu gelap ataukah terlalu terang? Apakah objek yang hendak ditonjolkan pada foto sudah terlihat dengan jelas? Dalam proses editing, koreksi terhadap cahaya bisa dilakukan sehingga area yang gelap menjadi lebih terang dan sebaliknya, area yang terlampau terang bisa dibuat sedikit lebih gelap.

Kontras

Bagaimana dengan kekontrasan pada foto? Apakah tingkat kekontrasan pada foto sudah sesuai dengan kebutuhan Anda? Setiap perusahaan tentu memiliki ciri khas tersendiri pada tampilan website dan gambar-gambar yang ada di dalamnya. Hal tersebut bisa dilihat dari kontras nya.

pixabay.com

Komposisi

Perhatikan pula komposisi foto, apakah foto sudah memiliki komposisi yang menarik? Setidaknya foto yang berkualitas memiliki salah satu dari komposisi dasar. Misalnya komposisi rule of third, komposisi simetris, atau komposisi garis diagonal.

Nah, untuk lebih tahu cara-cara pintar edit foto sendiri atau tips seputar editing sebuah foto ada satu situs yang bisa dikunjungi. Leskompi adalah situs yang mempunyai ragam informasi seputar teknologi termasuk tentang editing foto. Di sana Anda bisa belajar banyak dan menambah wawasan terutama untuk urusan editing foto.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *