Cara Berjualan Di Tokopedia Untuk Pemula

Beberapa penjuan offline ingin merambah berjualan di dunia online guna menikan omset berjualanya, salah satu e-commerce yang bisa untuk berjualan online adalah Tokopedia. Situs berjualan ini merupakan start up yang didirikan oleh PT. Tokopedia pada tahun 2009 dan dibuat oleh William T. dan Leontinus A. Edison.  Tokopedia hingga kini sudah banyak membantu UMKM warga Indonesia, menaikan omset berjualan mereka, dan membuat jaringan berjualan mereka semakin luas.

Marketplace ini merupakan tempat berjualan secara gratis yang dapat menjangkau jaringan yang lebih luas, antar daerah, antar provinsi bahkan antar negara yang dapat dijangkau dengan berjualan secara online. Kini apa si yang tidak bisa dilakukan dengan online? Hampir semua hal bisa dilakukan secara online termasuk membeli dan berjualan.

Mengapa anda harus memilih tokopedia sebagai tempat berjualan online anda? Karena tokopedia sudah dipercaya sebagai Marketplace yang kredibel dan sudah memiliki banyak pengunjung sehingga akan memudahkan toko anda untuk berkembang dan banyak pembeli dari berbagai daerah.

Cara Berjualan Di Tokopedia Untuk Pemula

Bagi anda yang baru akan mendaftarkan toko anda di tokopedia, berikut ini akan menjelaskan cara berjualan di tokopedia untuk pemula:

  1. Membuat toko di Tokopedia

Langkah pertama yang bisa anda lakukan agar memiliki toko di Tokopedia yakni harus terlebih dahulu membuat toko.  Bagaimana cara membuat toko di tokopedia?

  • Login tokopedia

Langkah pertama anda bisa masuk ke web resmi tokopedia di https://www.tokopedia.com. dan login akun tokopedia yang anda miliki. Jika belum memiliki akun tokopedia maka anda bisa membuatnya terlebih dahulu.

  • Buat toko

Setelah login, anda bisa memilih menu toko di bar bagian atas laman tokopedia.  Klik dan lengkapi data diri calon toko anda seperti nama toko, deskripsi toko, logo toko, dan alamat toko.

  • Memilih ekspedisi pengiriman

Anda bisa memilih ekspedisi pengiriman apa yang memungkinkan dapat anda lakukan dan  terdapat di sekitar anda.  Setelah semua data dipenuhi anda dapat klik ‘simpan’ untuk membuat toko yang anda inginkan.

  1. Berjualan

Setelah anda memiliki toko, kini anda sudah dapat berjualan online dengan menambahkan barang-barang yang anda jual ke etalase toko online anda. Cara berjualan barang di toko online anda adalah :

  • Tambah produk

Klik opsi tambah produk dan isi beberapa informasi penting terkait produk yang anda jual seperti ukuran produk, berat produk, deskripsi, dan harga produk. Serta tidak lupa untuk menambahkan foto produk yang anda jual agar pembeli dapat tertarik dan dapat memberikan gambaran tentang produk yang anda jual.

  • Tuggu pesanan

Setelah anda mebambahkan produk pada toko, anda bisa menunggu pesanan datang pada toko anda. Selain menunggu pesanan anda bisa juga mempromosikan toko online milik anda pada orang – orang terdekat anda dan memalui sosial media yang anda miliki.

Tips Berjualan Di Tokopedia

Bagaimana tips dan trik agar toko anda dapat mudah ramai dikunjungi banyak orang dan terlihat menarik?Berikut ini penjelasannya:

  1. Gunakan profil yang menarik

Profil dari toko sangat berpengaruh pada daya tarik pembeli untuk mengunjungi toko anda. Maka gunakan profil toko yang menarik bahkan kalau bisa gunakan profil toko yang unik dan tidak pasaran. Anda bisa menggunakan tema-tema tertentu untuk membuat toko anda menjadi lebih menarik.

  1. Lengkapi data toko dengan identitas yang jelas

Anda sangat perlu melengkapi data toko dengan identitas yang jelas, kenapa? Karena data dan identitas toko anda inilah yang akan dijadikan dasar oleh para pembeli untuk membeli. Dengan data dan identitas toko yang jelas akan meningkatkan rasa percaya pembeli pada toko anda.

Tidak hanya data dan identitas toko yang harus jelas, anda juga harus memaparkan dengan jelas produk  yang anda jual. Seperti bahan apa saja yang ada dalam pembuatan produk tersebut, mungkin manfaat apa yang dapat dirasakan bila pembeli membeli produk tersebut dan lain-lain. Berikan deskripsi produk sejelas dan selengkap mungkin.

  1. Perbanyak promosi

Tak ingin bukan toko anda sepi pengunjung? Maka gencarlah promosi. Promosi ini dapat ada lakukan seperti cara di atas, atau bisa juga anda menggunakan beberapa cara yang yang banyak digunakan oleh pernjual online akhir-akhir ini, yakni mempromosikanya menggunakan jasa iklan dan jasa iklan endorse.

Jasa iklan yang dapat anda gunakan yaitu iklan sosial media seperti  fecebook dan juga instagram. Untuk jasa endorse, anda dapat memanfaatkan jasa selebgram yang tentunya memiliki banyak pemngikut. Cara ini terbukti cukup ampuh membuat toko anda dikunjungi banyak orang. Semakin banyak promosi yang anda lakukan, maka peluang pembelian pun akan semakin banyak. Jadi anda harus memaksimalkan dalam promosi toko dan barang yang anda jual. Jika anda sudah memiliki pelanggan offline, maka itu akan lebih mudah dalam hal promosi.

Beberapa cara membuka toko diatas bisa anda gunakan sebagai acuan dalam memulai usaha online anda. Pastikan juga untuk melakukkan tips dan trik untuk membuat toko anda ramai pembeli. Banyka barang yang bisa anda jual seperti produk kecantikan, kesehatan, makanan, dan jual followers tokopedia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *