Arti Budaya Hidup Sehat dan Penerapannya

Jika ada pertanyaan apakah cara hidup Anda sudah cukup sehat, bagaimana kira-kira jawaban yang akan Anda berikan. Seringkali kita merasa sudah menjalani pola hidup yang sehat tetapi nyatanya belum sesuai dengan standar yang seharusnya. Apakah cara hidup sehat tersebut sudah menjadi sebuah kebiasaan atau habit dalam keseharian Anda?

Faktanya masih banyak orang yang belum konsisten melakukan pola hidup sehat. Di saat tubuh merasa sehat dan baik-baik saja banyak yang lupa dan baru memulainya lagi setelah jatuh sakit. Ini tentu bukanlah sesuatu hal yang baik. Pola hidup sehat seharusnya dijadikan sebuah kebiasaan jangan hanya ketika sedang sakit saja. Setelah itu ubah kebiasaan menjadi sebuah budaya agar tubuh selalu sehat.

Maksud budaya hidup sehat sendiri adalah sebuah konsep dalam kehidupan yang mengutamakan upaya serta kegiatan hidup yang meningkatkan kesehatan. Olahraga dan pemenuhan kebutuhan gizi merupakan contohnya. Dengan meningkatnya taraf kesehatan maka akan semakin tinggi juga kualitas hidup seseorang.

Nah, untuk bisa menjalankan apa yang disebut dengan budaya hidup sehat tersebut, gunakan 5 pilar seperti yang dijelaskan di bawah ini.

5 Pilar Penerapan Hidup Sehat

pixabay.com

Tingkatkan Konsumsi Sayuran dan Buah

Budaya hidup yang sehat bisa dilakukan dengan memperbanyak jumlah konsumsi sayuran dan buah setiap hari. Tidak harus mahal, semua buah memiliki kandungan vitamin dan mineral yang tinggi. Anda bisa mengkonsumsi buah yang mudah didapatkan dan murah harganya misalnya pepaya. Bisa juga ditambah dengan suplemen mineral yang bagus seperti tiens peninggi badan. 

Begitu juga dengan jenis sayuran tidak harus memaksakan yang berharga mahal. Konsumsi saja sayuran yang dijual di pasar atau tukang sayur keliling dengan harga terjangkau. Yang perlu diperhatikan hanyalah cara mengolahnya agar tidak merusak kandungan gizinya. Selain itu juga disarankan untuk mengganti menu sayuran setiap hari.

Cukup Asupan Cairan

Haruskah minum 8 gelas per hari seperti yang selalu disarankan selama ini? jawabannya bisa iya tapi bisa juga tidak. Tubuh manusia itu berbeda-beda ukurannya sehingga kebutuhannya juga tidak sama. Tidak semua orang membutuhkan 8 gelas air minum karena bisa saja asupan cairan sudah didapatkannya dari sumber makanan yang lainnya.

Aktif Bergerak

Menjalankan budaya hidup tidak bisa dipisahkan dari olahraga tetapi jangan sempit mengartikannya. Mungkin Anda akan beralasan tidak mempunyai banyak waktu untuk melakukannya. Sebenarnya intinya bukan pada olahraga tetapi gerakan yang dilakukan tubuh. Bergerak secara aktif tidak harus selalu dengan olahraga tetapi bisa dengan melakukan pekerjaan rumah seperti menyapu dan sebagainya.

Istirahat yang Cukup

Sebagus apapun menu makanan yang Anda santap setiap hari dan seaktif apapun Anda akan percuma kalau Anda kurang istirahat. Tubuh membutuhkan istirahat untuk mengembalikan semua energi yang hilang dan memulihkan kondisinya. Tubuh memiliki jam biologis dimana di dalamnya terdapat waktu untuk istirahat.

Pengelolaan Stres

Bukan hanya fisik saja yang harus sehat tetapi juga psikis. Kesehatan fisik dan psikis merupakan paket yang tidak bisa dipisahkan. Ingatlah pepatah men sana in corpore sano yang menggambarkan bahwa kesehatan fisik dan psikis itu sama pentingnya.

Tubuh yang sehat memiliki banyak manfaat bagi manusia, yaitu seperti berikut ini.

Manfaat Tubuh yang Sehat

pixabay.com

Menjauhkan dari Penyakit Berbahaya

Dengan menjalani gaya dan budaya hidup sehat maka secara tidak langsung kita sedang melindungi diri dari penyakit yang berbahaya. Mengkonsumsi makanan yang tepat sebagai bagian dari budaya hidup sehat akan memaksimalkan proses metabolisme tubuh. Dengan begitu semua zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh akan tersebar secara merata dan membuat seluruh organ berfungsi normal.

Mengendalikan Berat Badan

Semua orang ingin mempunyai berat badan yang ideal tetapi malas untuk memulai budaya hidup sehat. Padahal itulah salah satu kunci untuk bisa mencapai berat badan yang ideal. Menurut American Dietetic Association (ADA) pola dan menu makanan yang terkontrol dapat mengendalikan jumlah lemak, gula dan kolesterol dalam tubuh.

Memperpanjang Umur

Hidup dengan budaya yan sehat akan meningkatkan kualitas kesehatan manusia. Artinya angka harapan hidup juga akan semakin tinggi. Hal ini juga telah dibuktikan dalam penelitian yang dilakukan oleh American Council selama 8 tahun. Hasil penelitian tersebut mengatakan bahwa pola makan sehat dengan aktif bergerak yang diimbangi dengan istirahat cukup akan memperbaiki sel tubuh.

Meningkatkan Energi

Anda akan lebih semangat dalam melakukan aktivitas karena meningkatnya energi. Semua disebabkan oleh pengaturan makanan yang baik yang disertai dengan gerakan aktif tubuh dan istirahat yang cukup. Pasokan energi yang cukup akan meningkatkan kemampuan fisik Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *