Yuk Simak Alasan Pentingnya Belajar Tahsin Alquran

Setiap orang yang beragama Islam, sejak dini sudah diajarkan bagaimana cara membaca Al Qur’an dengan baik dan benar. Meski telah melakukannya dengan baik namun belum percaya diri, silahkan untuk mempertimbangkan belajar mengaji. Selain sebagai memperbaiki bacaan, hal ini juga memperindah bacaan Al Qur’an. Berikut beberapa alasan pentingnya belajar Tahsin Alquran.

Segudang Alasan Pentingnya Mempelajari Tahsin

  1. Sebagai Umat Muslim

Merupakan pedoman hidup umat muslim, para hamba Nya yang taat akan berusaha untuk bisa membaca hingga menghafalkannya. Tak sampai disana, ada baiknya bacaan tersebut diterapkan di dalam kehidupan sehari hari. Umumnya para orang tua akan mengajarkan cara membaca Al Qur’an sejak dini, sehingga mereka terbiasa untuk melakukannya hingga dewasa kelak. Kesadaran dari diri sendiri dan percaya akan keesaan Tuhan, menjadi alasan penting belajar mengaji.

pxhere.com
  1. Adanya Kewajiban Menuntut Ilmu

Manusia kadangkala lupa bila, tak hanya ilmu dunia saja yang perlu dikejar hingga ke negeri seberang. Sebab ilmu dunia tidak akan kokoh tanpa adanya ilmu agama, yang menjadi sebuah pondasi dari segala ilmu yang ada di dunia. Cobalah untuk menyeimbangkan antara ilmu dunia dan ilmu agama, agar hidup lebih seimbang. Dari sekian ilmu agama, belajar tahsin Alquran merupakan hal yang tak kalah penting dilakukan oleh semua umat muslim.

  1. Bentuk Amal Jariyah

Pernah mendengar adanya amalan yang tak akan pernah terputus meski individu tersebut telah dipanggil oleh yang masa kuasa ? Setidaknya ada tiga amalan yang tidak pernah terputus, salah satunya yaitu ilmu yang sangat bermanfaat. Bagaimana cara mendapatkan amalan tersebut ? Apabila anda memiliki bacaan Al Qur’an yang sudah bagus, silahkan membagikan ilmu tersebut kepada orang lain.

Bayangkan saja jika, orang yang anda ajarkan membaca  Al Qur’an nantinya memberikan ilmunya kepada orang lain lagi dan begitu pula seterusnya. Ilmu yang terus disalurkan tersebut, akan menjadi amal jariyah yang tak akan lekang dimakan waktu. Tak ada hentinya mengalir, semua pahala tersebut bisa didapatkan ketika mampu membaca Al Qur’an dengan benar sesuai dengan tajwidnya.

  1. Membaca Al Qur’an Beserta Tajwid Hukumnya Fardhu’ain

Memang benar bahwa mempelajari teori membaca Al Qur’an beserta tajwidnya hukumnya fardhu kifayah, namun praktik membaca Al Qur’an sesuai dengan tajwid hukumnya adalah wajib. Namun masih banyak yang menghiraukannya, dan menyepelekan pentingnya untuk belajar mengaji. Padahal sudah dijelaskan bahwa AL Qur’an sendiri merupakan pedoman hidup yang dapat menyelamatkannya kelak, lalu bagaimana jika malas mempelajarinya ?

Kenapa belajar mengaji itu penting ? Seperti ketika belajar bahasa Indonesia pertama kali, dimana guru akan menerangkan begitu pentingnya tanda baca di setiap kalimat. Oleh sebab itu, setiap bacaan memiliki tanda baca untuk membedakan bagaimana cara membacanya. Untuk bisa membaca dengan tepat, perlu untuk belajar tahsin Alquran terlebih dahulu.

pxhere.com
  1. Agar Tidak Mengubah Ayat

Bisa menjadi kesalahan fatal, ketika seseorang membaca Al Qur’an tanpa disertai dengan ilmu tajwid. Sebab kesalahan pengucapan kata, ada kemungkinan mengubah makna yang terkandung sekaligus mengubah firman yang diturunkan kepadanya. Karena membaca sebuah firman Allah SWT, tidak mungkin mengucapkannya dengan seenaknya. Bahkan ada kemungkinan, kesalahan baca tersebut membuat artinya jauh melenceng dari awalnya.

  1. Bentuk Memuliakan Al Qur’an

Usai mengetahui bahayanya membaca Al Qur’an tanpa mengetahui cara membacanya yang tepat, justru mendatangkan malapetaka. Padahal Al Qur’an sendiri, merupakan wahyu yang diturunkan allah kepada Rasulullah SAW melalui perantara malaikat Jibril. Apakah pantas sebagai hamba yang disayangi Nya membaca Al Qur’an sembarangan ? Berisikan tentang segala firman Allah yang begitu mulia, oleh karenanya penting untuk belajar tahsin Alquran.

  1. Menjadi Pelipur Lara

Tahukah anda bila Al Qur’an juga bisa menyembuhkan segala jenis penyakit ? Hanya dengan mendengarkan orang membaca Al Qur’an saja, mungkin anda akan merasakan betapa sejuknya dunia dan terasa begitu nyaman. Bahkan tak jarang, lantunan dari ayat suci ini akan membekas di dalam dada sekaligus mengobati hati yang tengah lara. Allah SWT seakan sengaja mendatangkan Al Qur’an, sebagai pedoman kehidupan manusia di bumi.

Allah menjanjikan bila membaca Al Qur’an, bisa menjadi obat manjur untuk menyembuhkan penyakit jasmani dan rohani. Namun bagaimana jika hal tersebut tidak dirasakan meski telah mengulang bacaan suci tersebut ? Hal tersebut bukan menandakan bila Allah telah ingkar janji, sebab ada kemungkinan dari kita sendiri yang tidak memenuhi syarat untuk bisa meraih janji Nya. Bagaimana cara mudah untuk mendapatkan janji tersebut.

Sebenarnya cara untuk mendapatkan segala janji Nya cukup mudah, yaitu belajar tahsin Alquran dengan benar nan tepat. Sehingga ketika dilafalkan, siapapun yang mendengarnya akan merasakan getaran di hatinya. Ketika orang lain mendapatkan kenyamanan atas lantunan ayat suci, maka orang yang membacanya akan mendapatkan pahala serta ketentraman hati.

Banyak dari uamt muslim yang telah mendapatkan hidayah, usai mendengar lantunan ayat suci sesuai dengan tajwidnya. Semakin banyak orang yang terketuk hatinya ketika mendengar lisan dari ayat suci, semakin banyak pula pahala yang bisa didapatkan. Oleh karenanya, penting untuk mempelajari dasar mengaji sejak dini untuk mendapatkan segala janji Tuhan.

pxhere.com
  1. Menjadi Sebaik Baiknya Manusia Di Mata Sang Pencipta

Rasulullah SAW bersabda, bila sebaik baiknya dari kalian adalah belajar Al Qur’an dan mengajarkannya (HR. Bukhari). Mengetahui Rasulullah brsabda seperti itu, banyak yang kemudian mulai belajar mengaji dengan serius sesuai dengan tajwidnya. Sebab hamba yang telah berhasil membaca dengan baik nan benar, merupakan sebaik baiknya manusia menurut pandangan mata sang pencipta.

  1. Tidak Akan Mendapatkan Rugi

Rasulullah SAW pernah bersabda, bagi siapapun yang membaca Al Qur’an maka ada satu kebaikan dengan bacaan tersebut. Dimana satu kebaikan, kemudian akan dilipatkan menjadi 10 kebaikan. Bayangkan berapa ayat yang telah berhasil dibaca dengan benar dan tepat, dan sudah berapa kali Allah telah menggandakan kebaikan kepada dirinya di akhirat kelak. Oleh karenanya, penting untuk belajar tahsin Alquran sejak dini sebagai bentuk cinta kepada Allah.

Ketika bacaan Tahsin telah sesuai dengan bacaan Rasulullah SWT, akan ada kebanggaan tersendiri serta mendapatkan pahala dari yang maha pencipta. Oleh karenanya, banyak para orang tua yang kemudian mengirimkan anaknya ke pesantren tahfidz quran putri agar mereka dapat mengaji dengan benar dan tepat. Dari sekian banyak pesantren di Tangerang utnjuk belajar ilmu agama, Ummu Habibah bisa menjadi solusinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *