Sudah Tahu Aplikasi Terbaik Baca Al Quran dan Terjemahan?

Era digital memudahkan setiap muslim untuk bisa mempelajari dan membaca Al Qur’an setiap hari dimana saja. Dengan munculnya beragam aplikasi Al Qur’an untuk perangkat Android, anda bisa mengaji lebih rutin agar cepat menghafal dan memahami isi Al Qur’an. Dari sekian banyak developer yang mengembangkan aplikasi Al Qur’an dan terjemahan, sudah tahukah mana aplikasi terbaik yang harus diinstall di smartphne anda?

Aplikasi Terbaik untuk Belajar dan Baca Al Qur’an Beserta Terjemahannya

  1. Al Qur’an Indonesia

Aplikasi yang paling sederhana dan mudah digunakan adalah Al Qur’an Indonesia, yang dikembangkan oleh Andi Unpam asal Tangerang. Aplikasi ini berisi Al Qur’an lengkap 30 juz dan114 surah, dengan terjemahan per kata dalam bahasa Indonesia. Fitur menarik yang ditawarkan aplikasi berwarna hijau tosca ini diantaranya adalah, fitur kompas kiblat, pengingat waktu sholat, mode gelap dan terang, audio MP3, dan fitur untuk berbagi ayat melalui aplikasi lain.

  1. Qur’an Pro

Aplikasi berikutnya adalah Qur’an Pro yang kembangkan oleh Quanticapps Ltd, London, dan tersedia dalam berbagai bahasa termasuk bahasa Indonesia. Sesuai namanya, aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi Al Qur’an dan terjemahan profesional dan terbaik, untuk perangkat Android. Tampilan apliaksi Qur’an Pro cukup sederhana dan memberi kesan seolah anda membaca Al Qur’an langsung dari kitab. Aplikasi ini juga memungkinkan anda mengunduh surat surat untuk dibaca secara offline.

  1. MyQur’an Al Qur’an

MyQur’an Al Qur’an juga merupakan salah satu aplikasi versi Android Qur’an yang mudah digunakan, dan membuat anda seperti membaca versi cetaknya. Yang membedakan MyQur’an dari aplikasi yang lain adalah tampilan tajwidnya yang berwarna, sehingga memudahkan pemula untuk memahami tajwid lebih baik. Satu lagi yang menjadi kelebihan aplikasi ini adalah tidak ada iklan yang muncul, yang akan mengganggu ketenangan waktu mengaji anda.

  1. Muslim Pro

Muslim Pro merupakan aplikasi Al Qur’an versi Android yang paling populer di dunia. Fitur fitur dalam aplikasi ini diantaranya fitur pengingat waktu sholat, puasa, azan, kompas kiblat, kalender Hijriah, peta masjid, dan restoran halal. Di aplikasi ini juga ada audio MP3 Al Quran dan terjemahan yang bisa anda dengarkan secara offline. Tampilan huruf pada aplikasi yang dikembangkan usim Pro Ltd. Singapura ini juga bisa diatur ukurannya, sehingga membuat anda lebih nyaman saat membaca.

  1. Learn Qur’an Recitation

Berikutnya adalah aplikasi Learn Qur’an Recitation yang memiliki tampilan paling menarik dan berwarna. Ini merupakan aplikasi yang paling cocok digunakan seluruh anggota keluarga, mulai dari anak anak hingga dewasa.  Selain karena tulisan bacaannya sangat jelas dan tampilannya yang berwarna terang, aplikasi ini menyediakan tahapan lengkap tentang cara belajar membaca Al Qur’an dan terjemahan, sehingga mudah digunakan oleh pemula.

  1. Quranku

Aplikasi ini berisi Al Qur’an dan terjemahan lengkap, 30 juz dan 114 surah, yang bisa diatur dalam 10 bahasa dunia termasuk Indonesia. Tampilan aplikasi Quranku sangat simpel dengan dominan warna putih dan biru terang.  Karena semua fiturnya sederhana dan  mudah digunakan, anda bahkan tidak membutuhkan tutorial untuk mempelajari aplikasi ini. Satu kelebihan aplikasi Quranku yang tidak dimiliki aplikasi lainnya adalah, fitur pencarian ayat dan surat yang sangat detil.

  1. MP3 Qur’an

Aplikasi selanjutnya yang memiliki rating bagus di Play Store, adalah MP3 Qur’an yang dibuat oleh Ultimate Vision. Ini merupakan aplikasi Al Qur’an offline yang memiiki file audio MP3 Al Qur’an dan terjemahan lengkap 30 juz. Tampilan dan performa versi terbaru dari aplikasi ini sudah banyak mendapatkan review positif lebih dari 124 ribu penggunanya. Bagi anda yang ingin sering mempelajari Al Qur’an tanpa boros kuota internet, MP3 Qur’an adalah solusi terbaiknya.

  1. Daily Holy Qur’an Quotes

Beberapa dari anda mungkin suka membaca dan berbagi kutipan kutipan menari di halaman media sosial. Daily Holy Qur’an Quotes adalah aplikasi kata kata yang  menyediakan segudang kutipan atau quotes dari ayat ayat Al Qur’an. Anda bahkan bisa membuat quotes anda sendiri, dan membagikannya lewat Whatsapp atau Facebook Meski tergolong cukup berat, aplikasi ini merupakan media paling asyik untuk mempelajari dan menerapkan Al Qur’an di kehidupan sehari-hari.

  1. Qur’an for Android

Aplikasi Qur’an for Android juga memiliki peminat yang cukup banyak, karena tampilan dan fiturnya yang sederhana. Fitur mode gelap dan terang membuat aplikasi ini bisa disesuaikan dengan kondisi mata, serta mode malam agar anda bisa membaca lebih nyaman. Anda juga bisa memberi tanda pada setiap ayat, sebagai pengingat dengan fitur bookmarks. Aplikasi Al Qur’an dan terjemahan ini menyediakan arti dan terjemahan dalam 20 bahasa.

Dengan segala kemudahan teknologi ini, tidak ada alasan untuk tidak membaca Al Qur’an setiap hari. Memilih aplikasi Al Qur’an versi Android yang terbaik, memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Sebaiknya anda juga mempertimbangkan besar aplikasi untuk ponsel anda sebelum mengunduhnya, agar tidak lambat dan berat saat digunakan. Sudah tahu aplikasi mana yang akan anda install di smartphone?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *