Apakah yang Dimaksud Dengan Otonomi Daerah

Dengan luas wilayah yang sangat besar dan terpecah dalam banyak daerah tentu saja sangat tepat jika Indonesia menerapkan otonomi daerah dalam system pemerintahannya, tapi Apakah yang dimaksud dengan otonomi daerah ? istilah yang satu ini mungkin sudah taka sing lagi di antara kita, pasalnya penerapan otonomi daerah sendiri sudah mulai dilakukan sangat lama. Menurut pengertiannya, otonomi daerah merupakan kewenangan yang dipegang oleh daerah tertentu dalam mengatur dan mengurus sendiri semua aturan di dalamnya termasuk berlangsungnya system pemerintahan dan kepentingan masyarakatnya sesuai dengan peraturan perundang – undangan yang berlaku.

Otonomi Daerah dan Artinya

Sedangkan secara harfiah otonomi berasal dari Bahasa Yunani yakni autos dan namos yang dapat diartikan sebagai sendiri dan aturan, maka jika ditarik kedalam bahasa Indonesia menjadi sebuah kewenangan untuk dapat mengatur sendiri terkait dengan system pemerintahan yang berlaku. Sementara menurut UU no. 32 tahun 2004 menerangkan pengertian otonomi daerah yang merujuk pada hak, wewenang, dan kewajiban suatu daerah otonom untuk dapat mengatur dan mengurus sendiri berbagai kepentingan pemerintahan dan masyarakatnya sesaui peraturan undang – undang yang berlaku. Adapun otonomi daerah juga memiliki tujuan berdasarkan regional autonomy itu sendiri seperti berikut.

Tujuan Adanya Otonomi

  1. Tujuan politik

Dengan adanya otonomi daerah maka diharapkan masyarakat di daerah tertentu bisa mendapatkan pelayanan yang terbaik dengan pemberdayaan masyarakatnya serta menciptakan sarana dan prasarana yang baik. Hal ini bisa terwujud melalui terwujudnya proses demokrasi dalam berpolitik dari beberapa partai politik yang terlibat di suatu daerah Bersama DPRD setempat.

  1. Tujuan administratif

Sebuah ketidak mungkinan jika roda pemerintahan di daerah juga diatur secara langsung oleh pemerintah di pusat karena berbagai alasan, maka dengan adanya otonomi daerah pembagian administrasi pemerintahan di daerah jadi lebih tersusun rapi meliputi manajemen birokrasinya dan sumber keuangan daerah tersebut.

  1. Tujuan ekonomi

Otonomi daerah juga diharapkan bisa mewujudkan peningkatan indeks pembangunan di suatu wilayah termasuk kesejahteraan yang merata. Lebih jauh lagi, otonomi daerah juga diyakini mampu meningkatkan daya saing ekonomi dari segala segi termasuk peningkatan kualitas produksinya sehingga akan menciptakan laju ekonomi yang lebih cepat dan berimbas pada meningkatnya kesejahteraan masyarakat di daerah tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *