5 Fakta Menarik Stadion Utama Riau

Stadion Riau pernah dijadikan pusat perhatian nasional saat menjadi tuan rumah pembukaan dan penutupan PON 2012 lalu. Banyak atraksi yang ditampilkan dalam acara pembukaan tersebut. Namun siapa sangka jika stadion ini pernah terbelangkalai dan beberapa fasilitas tidak terawat. Beberapa fasilitas umum yang melengkapi stadium tidak bisa difungsikan. Nah yuk simak fakta menarik stadion utama riau berikut.

Fakta Dibalik Kemegahan Stadion Riau

  1. Mengundang Decak Kagum

Stadion ini pernah menjadi primadona saat pergelaran PON ke 18 tahun 2012 lalu. Acara ini merupakan saksi bisu dari kemegahan event terbesar seantero tanah air. Kilatan kembang api dan juga kemegahan cahaya lampu sudah tinggal cerita bagi khalayak ramai. Setelah berakhir acara PON tersbut, stadion ini sudah tidak difungsikan lagi selama bertahun tahun. Hal ini karena adanya polemik persoalan utang antara Pemprov Riau dengan pihak kontraktor.

  1. Bermasalah dengan KPK

Proses pembangunan stadion ini sedikit banyak telah menyeret pejabat provinsi Riau, karena telah mengambil dana pembangunan stadion dan sarana olahraga. Adanya kasus ini menjadikan penyelenggaran PON 2012 hampir saja batal dilaksanakan. Hal yang paling parah adalah banyak venue yang belum tuntas saat pelaksanaan PON 2012. Sehingga pada tahun 2016 proses pembanguann ini mulai dikebut untuk memperbaiki sarana dan prasarana.

  1. Dijadikan Markas Geng Motor

Selepas acara PON 2012, Stadion Utama Riau ini dibiarkan terbengkalai. Hingga akhirnya stadion ini menjadi perhatian nasional pada tahun 2013, karena banyaknya geng motor yang menggunakan stadion sebagai markas. Geng kleweng yang memakai stadion sebagai markas ini melakukan beragam kekerasan seperti penodongan dan perampokan terhadap warga sekitar. Lebih parahnya geng ini melakukan pemerkosaan pada ABG dan memberikan ajaran seks bebas.

  1. Memiliki Tunggakan Hutang

Tak hanya berurusan dengan KPK, stadion ini juga meninggalkan banyak sekali masalah dalam proses pembangunanya. Untuk melakukan pembagunan stadion ini dulunya menggunakan dana talangan yang membuatnya memiliki hutang yang menumpuk. Tercatat biaya utang  pembangunan sebesar 240 milyar beserta bunga hingga 50 milyar rupiah. Aibatnya stadion ini sering disegel pemerintah karena penggelapan dana yang pernah dialami.

  1. Sudah Ramai Pengunjung

Kawasan stadion ini sudah mulai ramai pengunjung karena sudah banyak pedagang yang berjualan di sekitar stadion. Kebanyakan pengunjung yang datang akan mengajak keluarga, teman atau kerabat untuk menikmati waktu sore atau pagi hari. Aneka jajanan pun sudah mulai dijajakan seperti sate, jagung bakar dan berbagai jenis makanan lainya. Sudah banyak masyarakat yang tidak takut lagi untuk sekedar berkunjung ke stadion utama ini.

Keadaan stadion yang sudah mulai berfungsi sebagaimana mestinya, haruslah tetap dipertahakan agar tidak mengakibatkan keresahan masyarakat setempat. Dengan kondisi stadion yang optimal, para atelt pun akan mampu berlatih secara maksimal dengan berbagai fasilitas yang menunjang. Sehingga hal ini perlu menjadi perhatian pemerintah daerah agar melakukan pembangunan yang lebih baik kedepanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *