3 Kandungan Alpukat Dan Manfaatnya Yang Harus Anda Tahu

Ketika anda mengonsumsi sebuah makanan, tentu saja anda akan mencari tahu kandungan  nutrisi atau nilai gizi dari makanan yang anda konsumsi tersebut, begitu pula dengan buah satu ini. Banyak orang mengira jika kandungan alpukat memiliki lemak sehingga banyak orang yang merasa khawatir saat mengonsumsinya. Tapi, sebenarnya buah ini merupakan buah yang wajib dikonsumi karena memiliki gizi yang padat. Berikut akan diulas kandungan gizi dalam alpukat.

Berbagai Kandungan Gizi Yang Terkandung Di Dalam Alpukat

  1. Lemak Yang Bermanfaat

Hal pertama yang terkandung di dalam buah alpukat adalah jenis lemak yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Di dalam alpukat, ternyata diketahui mampu meningkatkan kadar HDL atau kolesterol baik yang dapat melindungi tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Kolesterol tipe ini pun juga mampu untuk membantu dalam mengatur kadar trigliserida serta mencegah diabetes.

  1. Protein

Kandungan alpukat selanjutnya adalah protein. Buah ini menyediakan setidaknya 18 asam amino esensial yang sangat berguna bagi tubuh untuk membentuk protein yang lengkap. Selain itu, protein yang terkandung di dalam alpukat pun sangat mudah diserap oleh tubuh dikarenakan alpukat juga mengandung serat. Jika anda seorang vegetarian, maka dengan mengonsumsi alpukat juga bisa dijadikan pilihan untuk memenuhi nutrisi dan sebagai pengganti protein hewani.

  1. Mengandung Vitamin Dan Mineral

Selain itu, alpukat juga mengandung setidaknya 20 vitamin dan mineral yang berbeda meskipun dalam jumlah yang tidak banyak, yakni sebebar 10 persen untuk kebutuhan vitamin dan mineral harian dalam setiap porsinya. Jenis vitamin dan mineral yang banyak terkandung di dalam buah alpukat antara lain seperti vitamin C,vitamin K, folat, kalium, zat besi seta vitamin E dan vitamin B6.

Alpukat juga memiliki efek ombinasi dan nutrisi yang sangat bermanfaat sebagai anti peradangan. Kombinasi unik yang terkandung di dalam alpukat seperti Vitamin C dan E , karotenoid, selenium, seng, omega 3 dan pitosterol akan membantu tubuh anda untuk mencegah timbulnya peradangan. Hal ini dapat dikatakan jika alpukat memiliki fungsi untuk menbantu mencegah dan mengurangi resiko terkena penyakit rematik dan osteoarthritis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *